Sukses

Cara Tetap Optimis Walau Belum Bertemu Belahan Jiwa

Terus menerus harus berkencan, memang bisa membuat frustrasi dan bikin patah semangat. Pastikan Anda tetap bisa optimis.

Liputan6.com, Jakarta Kencan menjadi salah satu bentuk perkenalan yang menyenangkan dan menarik. Anda bisa mengenal lebih dalam calon pasangan. Namun, proses saat menjalani kencan pun bisa membuat frustrasi. 

Harus terus-menerus berkencan karena belum juga mendapatkan belahan jiwa atau orang yang cocok, bisa menjadikan Anda seorang yang pesimis. Bukannya tak mungkin, proses berkencan jadi ganggu kesehatan mental. 

Menurut psikolog Nikki Ramirez, beberapa orang menilai harga diri mereka dari apakah mereka berhubungan dengan seseorang atau tidak. Atau, apakah ada orang yang terang-terang bilang cinta. Padahal, diri Anda tetap berharga walau sedang lajang sekali pun.

Inilah kenapa, kencan memengaruhi kesehatan mental. Penting karenanya, untuk memastikan diri tetap optimis walau belum juga menemukan belahan jiwa. Ini caranya, ditulis dari Bustle, Minggu (21/5/2017).

Jika seseorang tidak tertarik, bukan berarti Anda tidak dicintai

Setelah kencan selama berminggu-minggu dan nyatanya orang tersebut tidak tertarik pada Anda. Anda mungkin berpikir, diri sendiri tidak layak dicintai orang lain. Ini adalah pemikiran yang keliru.

Bukan berarti Anda tidak dicintai. Anda hanya belum cocok menemukan belahan jiwa. Sebaiknya, berpikirlah realistis dan mulai membuka hati untuk orang lain.

Jika Anda tipe orang yang selalu berkencan, perlu pertimbangkan motivasi diri

Terus-terusan memiliki teman kencan memang terdengar mengesankan. Hal ini menyiratkan, banyak orang yang tertarik pada Anda. Sayangnya, hal ini juga bisa berefek buruk.

"Orang yang terus-terusan berkencan tidak bisa mengambil waktu untuk lebih mengenal dirinya sendiri," ujar psikolog Nikki Martinez. Padahal mengenal diri sendiri sangatlah penting, karena hal ini juga memungkinkan Anda mencari tahu, apa yang Anda harapkan dari sebuah hubungan dan pasangan seperti apa yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pusatkan perhatian

Jika Anda lebih memikirkan pendapat orang lain dibanding pendapat sendiri, berhentilah

 

Kencan memang bisa menakutkan. Proses ini memaksa Anda untuk jadi terbuka dan menempatkan diri dalam posisi yang rapuh. Proses mengenal orang lain di saat yang sama Anda membuka diri untuk orang lain mengenal Anda, dan memberikan penilaian mereka.

Dalam prosesnya, fokus pada apa yang Anda rasakan dan pikirkan. Jangan biarkan pendapat orang lain menutupi penilaian Anda terhadap diri sendiri. Hal ini bisa membuat Anda menjadi terlalu keras pada diri sendiri dan mulai memusingkan hal-hal kecil yang tidak penting. 

Kali Rogers, CEO dan pendiri dari Blush Online Life Coaching menyarankan, "Cobalah untuk fokus bukan pada apakah dia menyukai Anda, tapi apakah Anda menyukai mereka."

Jika Anda merasa frustrasi, coba berpikir realistis

Saat berkencan, Anda bisa mudah lelah dan pesimis. Apalagi bila Anda sudah berkencan banyak dan tidak menemukan calon pasangan yang cocok.

Sebaiknya, Anda mulai berpikir realistis. Semakin banyak Anda berkencan, sebenarnya peluang menemukan seseorang yang benar-benar cocok semakin terbuka lebar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini