Sukses

Waspada, Stres Berkepanjangan Bisa Picu Terjadinya Diabetes

Liputan6.com, Jakarta Stres berkepanjangan bukan hanya menyebabkan gangguan tidur atau insomnia, tapi juga bisa memicu penyakit diabetes.

Begitu disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini, dari Klikdokter kepada Health-Liputan6.com, Sabtu (20/5/2017).

"Stres itu bisa meningkatkan kadar gula darah, jadi kalau tidak terpantau dia bisa jadi diabetes yang bukan karena keturunan dan ini cukup banyak terjadi," ujarnya.

Banyak individu, lanjut Vita, yang tidak mengetahui jenis penyakit yang bisa ditimbulkan akibat stres. Padahal, saat kondisi yang menyerang psikis ini melanda maka hormon stres yang dikenal sebagai kortisol--jika tidak ditangani dengan cepat--bisa menimbulkan beragam penyakit.

"Selain diabetes banyak juga itu (mempengaruhi) jantung, karena dia (stres) bikin tekanan darah naik kan, dada berdebar dan penyakit lambung juga bisa berpengaruh dan jadi mag," katanya.

Vita juga menyampaikan jika efek stres dapat mempengaruhi imunitas tubuh menurun sehingga individu yang sedang stres jadi mudah sakit.

 

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.
    Diabetes
  • Stres
Artikel Selanjutnya
4 Faktor Risiko Serangan Jantung Ini Jarang Diketahui
Artikel Selanjutnya
Selain Risiko Diabetes, Kurang Tidur Munculkan 4 Masalah Ini