Sukses

Radang Tenggorokan, Bagaimana Mengenalinya?

Penyebab radang tenggorokan yang paling umum ialah iritasi dan alergi yang pemicu utamanya berasal dari virus dan bakteri.

Liputan6.com, Jakarta Anak dan orang dewasa sama-sama rentan terserang radang tenggorokan. Sayangnya, tanda dari radang tenggorokan sering kali diabaikan, sehingga amandel membengkak.

Proses terjadinya sakit tenggorokan ini akibat inflamasi pada selaput lendir yang menyebabkan kebengkakan hingga sakit saat menelan. Penyebab radang tenggorokan yang paling umum ialah iritasi dan alergi yang pemicu utamanya berasal dari virus dan bakteri.

Dalam beberapa kasus, khususnya pada anak dan remaja, radang tenggorokan yang terjadi akibat infeksi virus bisa menimbulkan ruam kulit yang menyebar ke leher dan dada bahkan ke seluruh tubuh. Mengutip laman Web MD, Sabtu (20/5/2017) berikut enam petanda munculnya radang tenggorokan.

- Sakit tenggorokan tanpa batuk, bersin, atau flu lainnya.
- Rasa sakit atau perih di sekitar tenggorokan yang menyebabkan kesulitan menelan.
- Pembengkakan kelenjar getah bening di leher.
- Demam lebih dari 38 derajat Celsius. Namun demam di bawah angka tersebut biasanya terjadi karena infeksi virus.
- Timbul bintik-bintik putih atau kuning pada permukaan tenggorokan dan amandel.
- Amandel membengkak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.