Sukses

Kurang Tidur Bikin Anda Jadi Kurang Menarik

Orang yang kurang tidur cenderung dianggap kurang menarik dan membuat orang lain enggan bersosialisasi dengan orang tersebut.

Liputan6.com, Stockholm, Swedia Orang yang kurang tidur cenderung dianggap kurang menarik di lingkungan sosialnya. Psikolog menemukan, seseorang yang punya waktu istirahat yang minim dan kurang tidur akan membuat orang-orang di sekitarnya menjauh.

"Bahkan jika seseorang terlihat kurang sehat, Anda bisa saja cenderung menjauh dari orang tersebut. Jika Anda bisa melihat seseorang belum tidur atau kurang tidur, Anda akan berpikir, mereka mungkin bukan orang yang terbaik untuk berada di sekitar Anda," kata Tina Sundelin, dokter di Karolinska Institute di Stockholm, Swedia.

Para peneliti melakukan studi terhadap 25 mahasiswa, baik pria dan wanita untuk ikut dalam eksperimen tidur. Para peserta diminta memotret dirinya sendiri dan tidak memakai riasan (make up) setelah tidur nyenyak selama dua malam berturut-turut.

Kemudian memotret dirinya sekali lagi setelah tidur empat jam selama dua malam berturut-turut pada minggu berikutnya.

Tahap penilaian, Karolinska Institute mengundang 122 orang asing dari ibu kota Swedia untuk menilai foto para peserta. Penilaian foto dilihat dari daya tarik, kesehatan, dan wajah kantuk yang terlihat, sesuai ditulis CNBC, Kamis (18/5/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dianggap kurang sehat

Hasil penelitian menunjukkan, orang-orang yang diminta menilai foto dapat mengenali dengan baik, apakah peserta tersebut telah tidur nyenyak.

Mereka yang melakukan penilaian mengaku kurang bersedia untuk bersosialisasi dengan orang yang dianggap kurang sehat.

Jurnal Royal Society Open Science juga menemukan, orang-orang memandang bahwa orang yang lebih lelah cenderung kurang menarik.

Menurut National Health Service (NHS) Inggris, kebanyakan orang dewasa perlu tidur antara 6 jam dan 9 jam tiap malam.

Untuk itu, disarankan tidur sesuai durasi waktu yang tepat. Anda akan memeroleh manfaat kesehatan dari tidur yang teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.