Sukses

Pakai Uap, Begini Proses Perawatan Peeling Comedo

Penggunaan uap hangat dan dingin menjadi keunggulan dari teknik perawatan peeling comedo.

Liputan6.com, Jakarta Peeling comedo merupakan perawatan yang dicetuskan oleh pakar kecantikan dan antipenuaan, dr Olivia Ong, dipl.AAAM, dari Jakarta Aesthetic Clinic.

Keunggulan dari pengangkatan komedo ini dilakukan tanpa memencet area wajah yang berkomedo dan tidak meninggalkan bekas atau rasa sakit.

Sebelum melakukan tindakan peeling comedo, terapis akan terlebih dahulu membersihkan wajah pasien dengan tahap penggunaan susu pembersih, cairan penyegar, dan sabun muka khusus milik JAC. Setelahnya pasien akan difoto sebagai dokumentasi untuk melihat hasil perawatan. Atau istilahnya foto before and after.

Ruang perawatan yang dimiliki JAC sangatlah nyaman, bahkan ruang tindakan peeling comedo ini setara dengan hotel berbintang. Ya, JAC memang memiliki konsep klinik yang mengedepankan kenyamanan agar pasien bisa menikmati perawatan dan mendapatkan 'me time', tutur Olivia.

Memasuki tahap peeling comedo, terapis melumuri seluruh wajah dengan cairan peeling khusus yang diramu oleh JAC. Jangan khawatir, bahan dasar dari cairan peeling ini bebas dari zat kimia. Cairan peeling yang nantinya akan meluruhkan komedo di wajah Anda ini berasal dari tumbuh-tumbuhan yang aman untuk tipe kulit normal maupun sensitif.

Butuh waktu sekitar dua menit untuk cairan peeling meresap ke dalam pori-pori. Setelah itu terapis akan mulai memijat pelan bagian wajah yang berkomedo dengan bantuan uap hangat. Penggunaan uap hangat berguna untuk membuka pori-pori dan tidak mengeringkan kulit. Ditambah uapnya berasal dari air matang.

"Air yang kita punya air matang, jadi yang ngebuka pori-porinya itu bukan air kotor," ujar Olivia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanpa Rasa Nyeri

Pada bagian komedo yang sulit dijangkau dengan pijatan, praktisi akan menggunakan alat bantu berbahan dasar besi. Bentuknya cukup ramping dan panjang.

Tak perlu takut sakit, pengerjaan peeling comedo ini sama sekali tidak membuat wajah terasa nyeri, perih, atau ngilu. Sebab, bantuan uap hangat berguna untuk membuka pori-pori wajah sehingga tidak meninggalkan rasa sakit.

Pengerjaan peeling comedo ini sekitar 30 sampai 45 menit. Diiringi lantunan musik klasik, pasien bahkan bisa tertidur pulas selama proses mengeluarkan seluruh komedo di wajah.

3 dari 3 halaman

Kulit Terasa Lebih Lembut

Usai komedo terangkat, praktisi membersihkan wajah lalu mengoleskan masker khusus yang berasal dari sari buah-buahan dan enzim. Menurut Olivia, kegunaan enzim dalam masker ini untuk mengangkat sisa kulit mati dan mengembalikan pori ke ukuran semula.

Tahap akhir dari treatment ini dengan penguapan wajah dengan uap dingin selama 15 menit hingga masker mengeras dan wajah siap dibilas.

Untuk satu kali pengerjaan peeling comedo ini Anda akan merasakan sensasi kelembutan kulit wajah. Tak hanya itu, wajah akan nampak lebih cerah. Untuk hasil yang maksimal, setidaknya butuh empat kali pengerjaan peeling comedo dalam waktu dua minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.