Sukses

Tips Mudah Bikin Kopi Jadi Minuman Menyehatkan

Untuk memperoleh manfaat besar dari kopi, ada tip membuat kopi menjadi lebih sehat.

Liputan6.com, Jakarta Secangkir kopi dapat memperbaiki mood (suasana hati) dan membantu Anda berkonsentrasi. Untuk memperoleh manfaat besar dari kopi, ada tip membuat kopi menjadi lebih sehat.

Penulis buku The Coffee Lover’s Diet: Change Your Coffee…Change Your Life, Bob Arnold membeberkan pembuatan kopi yang sehat, dilansir dari Health, Kamis (18/5/2017).

Kurangi gula

Kopi dan gula selalu menjadi pasangan yang lengkap. Namun, Anda bisa mengurangi penggunaan gula. Ini karena tambahan gula akan mempengaruhi kadar gula darah dan memicu diabetes.

Di sisi lain, tambahan gula yang manis tidak akan menghilangkan kadar polifenol (antioksidan) dari kopi. Polifenol ini berperan mencegah radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari penyakit kanker dan penyumbatan pembuluh darah.

Hindari menambahkan krim

Kopi dengan krim adalah pelengkap yang cocok. Dua sendok makan kemasan krim mengandung 100 gr kalori. Jumlah ini mungkin tidak terlalu banyak, tapi jika Anda minum beberapa cangkir kopi lebih dalam sehari, kalori akan bertambah.

Kebanyakan orang menutupi ras pahit kopi dengan krim. Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan susu rendah lemak. Jika ingin tambahan susu dan krim, cobalah membuat minuman kopi campuran seperti smoothie.

Beli biji kopi berkualitas tinggi

Salah satu cara untuk mengetahui apakah kopi Anda sehat adalah mengevaluasi rasa kopi. Arnold menyarankan,  membeli kopi premium yang ditanam dari lahan perkebunan kopi dengan praktik budidaya yang sangat baik.

Misal, biji kopi dari dataran tinggi yang dekat dengan garis khatulistiwa di negara-negara seperti Ethiopia, Kenya, Columbia dan Brasil.

Kopi Afrika cenderung memiliki rasa yang lebih ringan, sedangkan kopi Amerika Selatan umumnya memiliki rasa kopi yang lebih berat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.