Sukses

Hipertensi Bikin Kulit Gampang Berkeriput

Tekanan darah tinggi atau hipertensi turut mempengaruhi tampilan kulit jadi tak segar dan nampak tua.

Liputan6.com, Jakarta Pria dan wanita usia belasan hingga puluhan bisa mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Bukan sekadar menyerang organ bagian dalam saja, tapi hipertensi juga menyebabkan tampilan kulit jadi tak segar dan muda lagi.

Seperti dilansir laman Hello Heart, Rabu (17/5/2017) dampak dari hipertensi juga mengubah tampilan kulit jadi menua.

Sebuah studi terbaru menemukan hubungan langsung antara tekanan darah rendah dan tinggi dan penuaan kulit. Secara khusus tekanan darah tinggi dapat membuat kulit mudah kendur.

Temuan studi juga menunjukkan tekanan darah tinggi yang dialami wanita usia 40 sampai 49, membuat kulit mudah keriput dan kering.

Hal ini terjadi akibat penyempitan arteri yang mengganggu aliran oksigen dalam darah ke jantung dan organ tubuh lainnya, termasuk kulit.

Penelitian yang dilakukan produk kecantikan Estee Lauder, juga menemukan pada kulit wanita dengan hipertensi yang juga mengalami penurunan kualitas tidur, rentan terhadap garis halus, pigmentasi yang tidak merata, dan berkurangnya elastisitas kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini