Sukses

Yoga Tiap Hari Terbukti Ampuh Turunkan Tensi

Peneliti dari India menemukan, pasien prehipertensi yang yoga tiap hari menurunkan tekanan darahnya.

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia, yoga memang masih dilakukan oleh kalangan yang terbatas. Namun, Anda yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat mencoba yoga.

Menurut sebuah studi kecil, mengutip Health, Rabu (17/5/2017), melakukan yoga setiap hari selama satu jam bisa menurunkan rata-rata tekanan darah diastolik dan arterial.

Studi dipresentasikan pada konferensi tahunan Cardiological Society of India. Penulis studi ini mengatakan, hasilnya cukup menjanjikan. Melakukan yoga setiap harus bisa melindungi orang-orang dengan pra-hipertensi dari efek berbahaya hipertensi.

"Prahipertensi dan hipertensi bisa meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan gagal jantung," ujar pemimpin penelitian Ashutosh Angrish, MD, spesialis jantung dari Sir Gangaram Hospital di New Delihi, India.

Prahipertensi adalah ketika tekanan darah sistolik berada pada angka 120-139 mm Hg, dan diastolik di angka 80-89 mm Hg. Adapun angka yang dinyatakan hipertensi adalah di atas 140 mm Hg, dan diastoliknya pada angka 90 mm Hg.

Menurut Dr Angrish, orang-orang dengan prahipertensi kemungkinan besar mengalami hipertensi jika tidak ada perubahan gaya hidup.

Dr Angrish lalu meneliti efek Hatha yoga (cabang yoga tradisional yang menggabungkan peregangan, kontrol napas, dan meditasi) pada mereka dengan prahipertensi namun sehat. Dr Angrish dan rekan-rekannya lalu merekrut 60 orang pasien dengan rata-ratu usia 54 tahun.

Pasien diminta untuk mengubah gaya hidup. Termasuk melakukan latihan aerobik ringan, diet sehat, dan berhenti merokok.

Setengah dari pasien tadi diberi sesi latihan yoga bersama instruktur selama satu bulan, satu jam setiap hari. Setelah bulan pertama mereka diminta melakukan sendiri di rumah dengan jumlah waktu yang sama.

Ketika tekanan darah pasien ini diperiksa kembali di akhir masa penelitian (tiga bulan setelahnya), hasilnya cukup mencengangkan. Mereka yang hanya melakukan perubahan gaya hidup, tanpa yoga, tidak mengalami penurunan tekanan darah.

Mereka yang melakukan yoga, dan perubahan gaya hidup, tekanan darahnya turun 4-5 mmHg.

"Walaupun penurunan tekanan darahnya tidak terlalu besar, hal ini cukup berarti secara klinis," ujar Dr Angrish. Bahkan penurunan hanya 2 mm Hg saja sudah bisa menurunkan risiko penyakit jantung sampai 6 persen dan risiko stroke sampai 15 persen.

"Yoga bisa jadi jawaban tepat bagi mereka dengan risiko (hipertensi)," ujar Shirish Hiremath, MD, presiden terpilih dari Cardiology Society of India.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini