Sukses

5 Jenis Makeup Ini Bisa Timbulkan Reaksi Alergi

Liputan6.com, Jakarta Kelima kosmetik atau makeup seperti maskara, eye shadow, foundation, concealer, dan eyeliner rupanya memiliki reaksi alergi serupa. Penyebabnya berasal dari komponen atau bahan pengawet yang bertugas untuk menjaga ketahanan alat makeup tersebut.

Melansir laman Live Strong, Senin (15/5/2017) reaksi alergi yang ditimbulkan dari kelima makeup tersebut biasanya menyebabkan ruam hingga pembengkakan jika tidak cocok digunakan pada kulit.

1. Ruam

Kondisi ini biasanya menjadi reaksi alergi yang paling umum terjadi. Ruamnya bisa bervariasi, mulai dari kemerahan, benjolan merah, hingga rasa gatal yang membuat kulit mengelupas.

2. Bengkak

Selain ruam, reaksi alergi yang paling mungkin terjadi ialah pembengkakan. Meski terjadi ringan, tapi reaksi bengkak bisa terjadi pada kelopak mata dan melebar ke arah alis atau pipi. 

3. Pengelupasan dan konjungtivitis 

Reaksi alergi ini paling sering timbul akibat eyeliner dan maskara. Alat makeup yang langsung bersentuhan pada area mata ini dapat mengelupaskan kulit di sekitar mata yang diikuti dengan rasa gatal.

Bahkan pada kasus terparah, mata bisa mengalami kemerahan dan konjungtivitis yang membuat mata sangat sensitif terhadap cahaya. Peradangan ini umumnya disebabkan oleh infeksi baik karena bakteri maupun virus yang merangsang alergi.

Artikel Selanjutnya
Ingin Mewarnai Rambut? Ini 7 Efek Sampingnya
Artikel Selanjutnya
Atasi Kulit Berminyak dengan 6 Langkah Praktis