Sukses

Konsultasi Tulang: Mengendarai Mobil Setiap Hari Bahayakan Tulang

Mengemudi setiap hari ke kantor, berhadapan dengan macet yang juga hampir setiap hari, berbahayakah untuk tulang?

 

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan:

Salam kenal, dok.

Saya Yessica Liva, seorang pekerja kantoran (swasta) di Jakarta. 

Seperti yang kita tahu bahwa DKI Jakarta masih menjadi kota dengan lalu lintas tersibuk selama jam berangkat dan jam pulang kerja. 

Saya setiap hari harus menempuh perjalanan jauh dengan menyetir mobil dengan tranmisi matic. Macet membuat saya harus memindahkan hanya 1 kaki (kaki kanan) ke tuas gas dan rem berulang terus saat kondisi jalanan macet.

Apakah hal ini memengaruhi kondisi kesehatan dan bentuk tulang belakang saya? Karena terkadang saya merasakan nyut-nyutan di bagian tulang belakang kiri saya ketika menyetir saat macet. 

Mohon jawabannya, dok. 

Terimakasih

Yessica Livia

Jawaban: 

Salam kenal, ibu Yessica. Terimakasih untuk pertanyaannya.

Hal- hal ini sudah sering juga dialami beberapa pasien saya. Saran saya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter ortopedi untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Hal tersebut kerap terjadi karena disebabkan oleh kemacetan yang luar biasa dan kondisi jalanan yang stop and go. Pastinya akan memengaruhi kondisi tulang belakang Anda secara keseluruhan.

Yang paling ringan adanya kondisi kelelahan pada otot sampai paling parah saraf terjepit, di mana pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk menentukan diagnose yang tepat.

Alangkah lebih baik membiasakan diri berolahraga, agar otot tidak mudah mengalami kelelahan. Semoga saran ini membantu Anda. 

Dr Andjar Bhawono SpOT dari Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan

Para pembaca setia Health Liputan6.com dapat bertanya seputar masalah tulang dan ortopedi dengan cara mengirimkan surat elektronik dengan subjek KOLOM dr. Andjar Bhawono SpOT ke health.liputan6@gmail.com . Jawaban akan ditayangkan setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

Dan, semua penjelasan terkait #KonsultasiTulang bisa Anda baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini