Sukses

Makanan, Senjata Mengembalikan Mood yang Sempat Kendor

Liputan6.com, Jakarta Stres dan depresi dapat memengaruhi mood yang mengakibatkan suasana hati jadi terganggu. Hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk proses berpikir dan interaksi kita dengan lingkungan sekitar. 

Salah satu cara membangkitkan mood dengan makanan. Beberapa jenis makanan, seperti disebut oleh ahli gizi Maya Aboukhater, membantu memperbaiki suasana hati yang membuat kita lebih bergairah dalam menjalani hari-hari.

Makanan kaya protein

Makanan kaya protein, seperti ayam dan kalkun mengandung triptofan, asam amino yang bisa memicu serotonin (hormon memperbaiki suasana hati) menjadi lebih baik.

Makanan mengandung vitamin D

Meskipun secara alami vitamin D diperoleh melalui sinar matahari, ada makanan yang dapat membantu memperbaiki mood. Misal, ikan berminyak (salmon dan sarden), kuning telur, dan sereal yang terbuat dari gandum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan kaya zat besi

Makanan kaya zat besi

Anda bisa makan daging merah, daging unggas, dan kacang-kacangan (kacang dan kacang lentil). Ini akan membuat Anda merasa lebih energik dan mood menjadi lebih baik. Pilihlah daging tanpa lemak, sebagaimana ditulis Express, Senin (15/5/2017).

Bluberry dan jeruk

Blueberry mengandung vitamin C dan antioksidan untuk memperbaiki dan melindungi sel tubuh sekaligus berfungsi sebagai penghambat munculnya stres.

Jeruk juga mengandung vitamin C, yang dapat menurunkan tekanan darah dan hormon stres (kortisol).

Sayuran hijau

Sayuran hijau berdampak positif pada kesehatan mental dan mengatur kadar kortisol serta meningkatkan mood.

Cobalah tambahkan bayam ke makanan pada sarapan. Atau sisipkan bayam pada roti lapis yang Anda makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini