Sukses

Benarkah Hand Sanitizer Bisa Mengurangi Penyakit?

Dipercaya bisa membunuh kuman, seberapa efektifkah hand sanitizer mencegah penyakit?

Liputan6.com, Jakarta Sekarang ini penggunaan hand sanitizer adalah sesuatu yang sangat umum. Beberapa orang bahkan merasa tidak lengkap jika meninggalkan rumah tanpa membawa cairan pembersih tangan ini.

Namun, sebenarnya seberapa efektifkah penggunaan hand sanitizer dalam mencegah penyebaran kuman penyakit, seperti flu, demam, dan virus lainnya?

Mengutip kolom tanya jawab seputar kesehatan di New York Times, Minggu (14/5/2017), jawaban sebenarnya adalah, tidak ada yang tahu. Belum ada studi yang bisa memastikan apakah hand sanitizer benar-benar bisa memangkas penyebaran jumlah kuman penyakit.

Di sisi lain, menjaga kebersihan tangan--yang memang bisa dicapai dengan menggunakan hand sanitizer--memang bisa membuat perubahan untuk kesehatan tubuh. Sebuah studi tahun 2008 dalam The Amercian Journal of Public Health menyimpulkan, menjaga kebersihan tangan--dengan cara apapun--bisa menurunkan penyakit gastrointestinal sampai 31 persen, dan infeksi pernapasan sampai 21 persen.

Kunci dari menghentikan penyebaran penyakit adalah dengan memutuskan rantai yang memungkinkan patogen untuk berpindah dari satu orang ke orang lain. Bisa dengan cara mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini