Sukses

Cara Gunakan Waktu Mandi Sebagai Meditasi

Liputan6.com, Jakarta Mandi adalah saat seseorang meluangkan waktu untuk mencuci dan membersihkan tubuhnya. Ternyata, waktu ini bisa juga digunakan untuk membersihkan pikiran dan jiwa seseorang.

"Jadwal mandi harian adalah kesempatan sempurna untuk menenangkan diri. Sendiri, tenang, dan jauh dari gangguan sehari-hari--walau hanya sebentar--adalah waktu yang pas untuk meninjau ulang keputusan dan pikiran-pikiran Anda," ujar Nancy O'Hara, seorang penulis dan pengajar meditasi.

"Jika Anda ingin berlatih dan memperdalam meditasi, kamar mandi adalah tempat ideal untuk memulainya."

Melansir New York Times, Minggu (14/5/2017), O'Hara memaparkan cara memanfaatkan mandi sebagai waktu meditasi:

1. Tinggalkan semua gawai di luar pintu kamar mandi. Cukup jauh sehingga Anda tidak bisa mendengarnya.

2. Siapkan handuk dan semua keperluan mandi Anda dengan cermat dan teliti. Sambil melepas pakaian, sebutkan nama-nama setiap barang tadi tanpa suara, dan letakkan atau gantung benda-benda tadi dengan penuh perhatian.

3. Pusatkan pikiran pada gagasan, Anda akan memulai langkah membersihkan diri demi kesehatan tubuh dan pikiran yang lebih baik.

4. Rasakan saat ketika air menyentuh tubuh, dan gunakan momen untuk mensyukuri fakta Anda memiliki air bersih yang mengalir.

5. Perhatikan apakah pikiran Anda terpusat pada masa lalu atau merencanakan masa depan.

6. Basuh tubuh dengan cara yang berbeda dari biasanya. Ubah pola ini setiap kali Anda mandi.

7. Waktu mandi tidaklah penting. Semua hal di atas bisa dilakukan secara cepat maupun lambat, tergantung berapa banyak waktu yang Anda miliki.

8. Ketika keluar dari kamar mandi, keringkan tubuh.

9. Saat selesai, tinggalkan kamar mandi dalam kondisi yang sama atau lebih rapi dibanding saat Anda memasukinya. Jadi kamar mandi itu siap digunakan oleh orang selanjutnya, bahkan jika orang tersebut adalah Anda sendiri.

Artikel Selanjutnya
Malas Berolahraga? Cara ini Dijamin Bikin Anda Semangat!
Artikel Selanjutnya
9 Hal yang Selalu Dilakukan Bos Wanita Sebelum Jam 9 Pagi