Sukses

Studi: Wanita Naksir Pria yang Mirip dengan Abangnya

Studi baru menemukan, wanita menyukai pria yang penampilannya mirip dengan kakak atau adik laki-laki mereka.

Liputan6.com, Jakarta Susah untuk menjelaskan, kenapa dua orang memutuskan untuk menjadi pasangan. Normalnya hal ini terjadi karena ada ketertarikan dari kedua belah pihak, dan tentu saja waktu juga penting.

Namun sebuah riset baru memaparkan suatu elemen baru--yang selama ini diabaikan--tentang pria mana yang dipilih wanita untuk jadi pasangannya. Studi ini menemukan, wanita menyukai pria yang mirip dengan saudara laki-lakinya.

Melansir Men's Health, Minggu (14/5/2017), untuk studi yang dipublikasikan dalam jurnal Evolution & Human Behaviour ini, para peneliti meminta partisipan untuk melihat foto-foto pria dan mengurutkan foto tadi berdasarkan siapa yang paling terlihat mirip. Di dalam kumpulan foto ini dimasukkan juga foto pasangan dan saudara laki-laki dari sekumpulan wanita.

Foto-foto tadi dikirimkan oleh wanita sukarelawan, dan dicampurkan dengan foto-foto pasangan terkenal. Untuk penelitian, partisipan diberi selembar kertas yang berisi foto saudara perempuan seorang wanita dan foto empat pria lain--termasuk pasangan wanita tersebut, di kolom satunya.

Partisipan lalu diminta menunjukkan, pria mana dari kolom kedua yang paling mirip dengan kolom pertama.

Peneliti mengatakan, mereka menemukan bukti jelas adanya kemiripan wajah antara saudara laki-laki wanita tersebut dengan pasangannya. Pada dasarnya, studi ini menemukan, wanita tertarik dengan pria yang wajahnya mirip dengan saudara laki-laki wanita tersebut.

Pemimpin penelitian Tamsin Saxton mengatakan pada The Independent, penemuan ini tidak berlaku untuk semua wanita yang memiliki saudara laki-laki, namun dia menambahkan: Penemuan ini lebih dari sekedar kebetulan, banyak wanita yang berpasangan dengan pria yang mirip dengan kakak atau adik laki-lakinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini