Sukses

Peneliti Temukan Cara Masak Nasi Putih Agar Tak Bikin Gemuk

Beginilah cara memasak nasi putih yang tidak bikin kita gemuk menurut The College of Chemical Sciences

Liputan6.com, Jakarta The College of Chemical Sciences dari Sri Lanka telah menemukan cara memasak nasi yang tidak bikin kita gemuk.

Cukup menambahkan satu sendok teh minyak kelapa ke dalam air mendidih, baru kemudian memasukkan setengah cangkir beras putih, dan direbus selama 40 menit lalu didinginkan selama 12 jam, justru dapat meningkatkan kandungan serat 10 kali lipat dibandingkan memasak nasi dengan cara yang biasa.

Seperti dikutip dari Times of India, Minggu (14/5/2017), menurut penelitian tersebut, kandungan kalori nasi putih pun turun sampai 60 persen. Sehingga jika kita santap tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah dengan cepat, dan juga tidak bikin kita gemuk.

Selama ini orang takut sekali makan nasi karena dianggap bisa bikin gemuk. Kalori di dalam nasi memang tinggi, bisa mencapi 206 kkal, yang sebagian besar akan diubah menjadi gula.

Selain itu, akibat kadar gula dalam darah yang cepat naiknya, orang lebih mudah mengantuk sehabis makan nasi dan jadi malas untuk melakukan kegiatan apa-apa. Gula yang terus menumpuk bila tak segera dibakar akan berubah jadi lemak yang membuat kita mudah gemuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.