Sukses

Tisane, Teh Herbal dari Prancis untuk Redakan Nyeri Menstruasi

Dengan mengonsumsi tisane dengan campuran lemongrass yang dikenal dapat meredakan masalah saat menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak menyukai teh? Rasanya hampir semua menyukai teh, baik diseduh panas maupun ditambahkan sedikit es batu.

Teh merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di dunia. Namun, di antara berbagai macam jenis teh yang ada, mungkin Anda perlu mengetahui teh herbal kegemaran masyarakat Prancis, yaitu teh tisane. Teh herbal yang dipercaya mengandung sedikit kafein tersebut sering kali digunakan untuk meningkatkan kesehatan.

Tak sekadar teh hijau biasa, tisane juga kaya campuran bahan-bahan seperti buah, tanaman kering, biji-bijian, rempah, dan kandungan herbal lainnya.

Berikut ini merupakan manfaat kesehatan dari tisane, seperti dikutip dari situs Livestrong, Sabtu (13/5/2017)

1. Terhindar dari efek samping kafein

Kafein dipercaya dapat meningkatkan fokus. Namun, perlu Anda ketahui bahwa kafein juga bisa memberikan efek samping yang buruk jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain sering memicu sakit kepala, kafein juga dapat menyebabkan rasa cemas dan gangguan tidur.

Bahaya lain untuk kesehatan bisa memicu penyakit mag. Stres juga bisa terjadi akibat reaksi dari kafein. Tisane bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin menghindari bahaya kafein.

Tisane yang dicampurkan dengan kandungan bunga camomile dapat digunakan untuk memberikan relaksasi serta membantu mengurangi stres.

2. Mengatasi masalah

Tisane yang mengandung lavender dipercaya dapat digunakan untuk mengatasi dan menenangkan sakit perut. Selain itu, lavender dipercaya mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas penyebab munculnya virus penyebab penyakit.

Chamomile yang sering digunakan dalam tisane juga dipercaya dapat membantu iritasi dalam perut. Cardamom atau kapulaga Jawa dikenal baik untuk kesehatan perut karena dapat mengontrol kesehatan empedu, sehingga terhindar dari penyakit asam lambung.

Akar manis dan bunga dandelion juga dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan pada perut.

3. Meredakan gejala PMS

Saat sedang menstruasi sering kali nyeri pada bagian bawah perut yang tidak tertahankan. Dengan mengonsumsi tisane dengan campuran lemongrass yang dikenal dapat meredakan masalah saat menstruasi.

Kandungan lemongrass dapat juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolestrol. Jika Anda kerap kali mengalami keram saat menstruasi ada bisa mencampurkannya dengan daun dari buah rasberi.

4. Meningkatkan imun tubuh

Tisane kaya vitamin C yang dapat meningkatkan imun tubuh. Bunga hibiscus juga bisa dicampurkan dalam teh herbal karena kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Echinacea juga bisa digunakan untuk meningkatkan imun tubuh karena dapat mengobati penyakit influenza dan dingin pada tubuh.

5. Meredakan gangguan sendi

Jahe dipercaya dapat meringankan peradangan dalam tubuh termasuk peradangan yang sering terjadi pada penyakit sendiri seperti rematik dan arthritis. Itulah gunanya jika Anda rajin minum teh herbal dari Prancis ini.

(Aida Tifany)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini