Sukses

Unggah Foto Makanan ke Medsos, Berat Badan Bisa Turun

Tampilan instagram pun membuat penggunanya jadi lebih mudah memantau atau mengevaluasi makanan apa saja yang sudah mereka santap.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan memotret makanan sebelum disantap lalu mengunggahnya ke instagram punya keuntungan tersendiri. Seseorang yang sering melakukan hal tersebut rupanya lebih mampu menjaga atau menurunkan berat badan. Kok bisa begitu ya?

Fakta ini terungkap setelah peneliti dari University of Washington, Amerika Serikat melakukan studi terhadap 16 pengguna instagram. Mereka setiap hari rutin mengunggah foto makanan yang disantap.

Peneliti studi ini Christina Chung mengatakan, rupanya cara ini membuat mereka lebih bahagia dalam menurunkan berat badan.

"Semua orang hampir melakukan hal ini dan ini tidak terlihat aneh (bila mengunggah foto makanan ke media sosial)," kata Chung mengutip Study Finds, Jumat (12/5/2017).

Tampilan instagram pun membuat penggunanya jadi lebih mudah memantau atau mengevaluasi makanan apa saja yang sudah mereka santap. Bila nampak berlebihan, partisipan mengaku melakukan intervensi agar kembali mengonsumsi makanan sehat guna menurunkan berat badan.

Penggunaan tanda pagar pun membuat mereka terkoneksi dengan orang-orang yang memiliki kesukaan yang sama. Misalnya menggunakan tanda pagar #fooddiary dan #foodjournal. Ketika orang lain mengonsumsi makan sehat, mereka jadi terpecut melakukan yang sama.

"Menggunggah foto ke intagram jadi cara menyenangkan dan penuh makna bagi sebagian orang," kata salah satu peneliti, Sean Munson.

Studi menarik antara hubungan memotret makanan dan penurunan berat badan akan dipresentasikan dalam CHI 2017 Conference on Human Factors in Computing Systems di Amerika Serikat di bulan ini.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini