Sukses

Risiko Penyakit Jantung Bisa Dilihat dari Mata

Sseorang ahli mengatakan ada cara untuk mengetahui kondisi tersebut yaitu melihat mata.

Liputan6.com, Jakarta Meski sulit untuk mengetahui gejala kolesterol tinggi--yang berhubungan dengan risiko serangan jantung, tapi seorang ahli mengatakan ada cara untuk mengetahui kondisi tersebut, yaitu melihat mata.

Seperti disampaikan seorang ahli bedah mata di London Vision Clinic, Profesor Dan Reinstein, ada kondisi mata yang bisa memprediksi gangguan jantung, yakni Arcus Senilis.

"Arcus Senilis merupakan lingkaran putih, abu-abu, atau biru di lingkaran sekitar kornea mata. Kondisi ini umum terjadi pada orang tua dan beberapa orang yang mengindikasikan ia memiliki kolesterol tinggi dan risiko jantung serta stroke," kata Reinstein.

Gangguan mata ini, kata Reinstein, bisa menjadi faktor prognostik untuk penyakit arteri koroner. 

Namun dalam beberapa kasus, orang dengan kolesterol tinggi juga memiliki benjolan kecil di sekitar sudut kelopak mata, yang dikenal sebagai Xanthelasma.

Xanthelasma terjadi akibat ada arteri yang tersumbat di kulit dan menyebabkan tumpukan lemak yang terbentuk di sekitar mata, hidung dan mulut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini