Sukses

Lakukan Ini untuk Atasi Nyeri Tak Tertahankan Saat Menstruasi

Studi ungkap yoga bikin nyeri menstruasi jadi berkurang dan membuat suasana hati jadi lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Nyeri menstruasi bisa membuat aktivitas terbengkalai. Jika ini terjadi, coba jajal dengan melakukan yoga.

Peneliti di London, Inggris, telah menganalisis 15 studi yang melihat hubungan antara yoga dan nyeri menstruasi. Hasilnya, yoga mampu meredakan berbagai keluhan saat menstruasi. Rasa nyeri jadi berkurang, kualitas hidup jadi lebih baik, stres juga berkurang, dan suasana hati jadi lebih baik.

Menurut peneliti, Jennifer Oates, saat seseorang melakukan yoga, respons tubuh terhadap stres atau rasa nyeri berkurang. Hal ini membuat tubuh jadi melepaskan senyawa yang membuat nyeri tidak terlalu terasa seperti mengutip Cosmopolitan, Jumat (12/5/2017).

Namun, tetap saja dibutuhkan studi lanjutan untuk mengetahui latihan yoga apa yang paling efektif untuk mengurangi keluhan saat menstruasi. Lalu, perlu juga studi lanjutan untuk mengetahui lama waktu melakukan yoga.

Meski begitu, rutin melakukan yoga tak ada salahnya. Oates menyarankan bagi wanita yang sering mengalami nyeri saat menstruasi rutin melakukan yoga. Paling tidak dalam seminggu satu atau dua kali melakukan yoga Hatha.

Yoga Hatha sangat cocok dilakukan bagi pemula. Gerakan yang ditawarkan yoga ini lambat dan halus, serta fokus mengintegrasikan pernapasan ke dalam gerakan ini.

Banyak yogi percaya bahwa yoga Hatha merupakan cara yang paling bagus untuk meregangkan tubuh dan membuat tubuh jadi rileks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini