Sukses

4 Herbal Ini Terbukti Mampu Tingkatkan Libido Pria

Liputan6.com, Jakarta Fungsi seksual atau libido yang rendah bisa memicu tekanan emosional bagi pria. Penyebabnya, bisa dipicu oleh stres, penyakit atau obat.

Namun yang perlu Anda tahu, Ada beberapa herbal yang telah teruji mampu mengembalikan kepuasan seksual. Apa saja? Berikut ulasannya, seperti dilansir Livestrong, Kamis (11/5/2017):

1. Tribulus terrestris L.

Tumbuhan yang pernah diteliti memiliki efek terhadap libido pria ini kerap disebut protodioscin.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Andrology pada 2002 menemukan, tumbuhan ini mampu meningkatkan hasrat seksual dan kemampuan ereksi pada pria. Menurut ilmuwan, herbal ini bekerja dengan meningkatkan kadar hormon dehydroepiandrosterone, atau DHEA.

2. Ferula Assa-Foetida

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Open Complementary Medicine Journal pada 2009 menemukan khasiat Ferula Assa-Foetida yang kerap digunakan sebagai pengobatan tradisional Arab.

Studi tersebut menguji ekstrak tumbuhan, biji dan akar tanaman pada tikus jantan dan manusia. Karena keseluruhan ramuan digunakan untuk memasak, maka semuanya dianggap aman dikonsumsi.

Para peserta diberi dosis 5 gram per kilogram berat badan setiap hari dalam jangka waktu tiga bulan. Hasilnya, ekstrak Ferula Assa ini mampu meningkatkan libido dan fungsi ereksi pada 60 persen pria.

1 dari 2 halaman

Ginseng merah

3. Ginseng merah

Ginseng sering dikonsumsi untuk meningkatkan imun tubuh saat sakit. Namun dalam pengobatan tradisional Timur, herbal ini juga diyakini dapat meningkatkan dorongan dan fungsi seks.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Impotence Research pada 1955 menemukan bahwa ginseng merah Korea mampu meningkatkan libido dan ereksi. Senyawa aktif yang disebut saponin juga diklaim mampu mengobati disfungsi ereksi dan masalah seksual pada pria.

4. Ginkgo biloba

Daun ginkgo biloba terkenal bukan hanya bisa meningkatkan daya ingat, namun juga dapat membantu meringankan disfungsi seksual dan antidepresan.

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Sex and Marital Therapy pernah meneliti hal tersebut pada 2003. Para ilmuwan menemukan, pasien yang diberi dosis harian 60 sampai 120 miligram mengalami perbaikan sirkulasi darah dan juga libido serta masalah ereksi pada pria.

Artikel Selanjutnya
5 Herbal yang Bisa Bikin Berat Badan Bertambah
Artikel Selanjutnya
3 Alternatif Herbal Diuretik Selain Teh Hijau