Sukses

Hati-hati, Kebiasaan Ini Bikin Sulit Hamil

Paparan cahaya saat tidur rupanya menurunkan risiko wanita hamil

Liputan6.com, Jakarta Bagi pasangan yang sedang menginginkan kehadiran buah hati, biasanya akan melakukan aneka hal untuk meningkatkan kesempatan istri hamil. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat hingga rutin berolahraga untuk mendapatkan ukuran tubuh normal.

Selain itu, hindari juga beberapa kebiasaan yang mampu menurunkan potensi istri hamil. Berikut dua kebiasaan yang menurunkan potensi hamil seperti mengutip Boldsky, Selasa (9/5/2017).

1. Paparan cahaya gawai saat tidur

Sebuah studi dari Jepang menunjukkan, seringnya terpapar cahaya dari peralatan teknologi seperti TV atau gawai rupanya bisa menurunkan kesuburan.

2. Lampu menyala saat tidur

Lampu yang menyala saat tidur juga berpengaruh terhadap fertilitas. Menurut penelitian, paparan cahaya lampu mampu mengubah ritme sirkadian tubuh. Sementara bila kondisi gelap, tubuh melepaskan hormon melatonin yang meminta tubuh untuk segera tidur. Hormon melatonin ini berpengaruh terhadap hormon reproduksi yang menentukan hamil tidaknya seorang wanita. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.