Sukses

8 Cara Efektif Ciptakan Rumah Sehat Bebas dari Kecoak

Cara efektif agar rumah Anda bebas dari kecoak.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin merasa jijik dan risih akan keberadaan kecoak yang sering kali berkeliaran di sudut-sudut rumah. Tidak hanya sudut rumah, bahkan makanan yang Anda letakkan terbuka di meja bisa menjadi sasaran empuk kecoak.

Makanan yang menjadi sasaran kecoak akan terkontaminasi oleh bakteri yang mereka bawa. Anda bisa berisiko terkena diare hingga keracunan makanan.

Bagi Anda penderita asma, keberadaan kecoak di rumah juga akan memperburuk asma karena alergen kecoak.

Untuk itu, Anda harus menjaga rumah bebas dari kecoak dan tetap sehat. Dilansir dari laman The Health Site, Senin (8/5/2017), ada beberapa tips agar rumah Anda bebas dari kecoak.

1. Jagalah kebersihan rumah jika Anda tidak ingin melihat makhluk menjijikkan itu. Bersihkan rumah secara keseluruhan tiap minggu.

2. Pastikan area seperti wastafel dan tempat persiapan makanan dibersihkan sebelum tidur.

3. Kosongkan tempat sampah di dapur secara teratur dan jaga agar tetap tertutup. Tumpukan sampah akan mengundang kecoak untuk datang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan biarkan makanan terbuka

4. Jangan biarkan makanan terbuka di malam hari untuk mencegah terkontaminasi dari kecoak. Sebaiknya, simpan seluruh barang makanan ke dalam wadah tertutup. Bersihkan kulkas secara teratur, setidaknya sekali dalam seminggu.

5. Jangan menyimpan koran, buku, dan majalah lama ditumpuk secara terbuka.

6. Simpan semprotan kecoak agar bermanfaat untuk membunuh kecoak saat Anda melihatnya. Anda juga dapat menggunakan umpan kecoak dan produk lainnya di pasaran untuk menyingkirkan kecoak yang tersembunyi di rumah. Taburi beberapa asam borat di dekat celah-celah yang lembap.

3 dari 3 halaman

Tutup semua pintu masuk

7. Tutup semua lubang yang membuat kecoak masuk ke rumah. 

8. Lakukan pengendalian hama. Sanitasi yang baik seharusnya dilakukan untuk mencegah kecoak berkembang biak semakin banyak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.