Sukses

5 Alasan Kecoak Harus Enyah dari Rumah

Mulai dari menyebabkan diare sampai alergi, berikut lima alasan rumah harus bersih dari kecoak.

Liputan6.com, Jakarta Saat rumah sedang tidak bersih, kecoak biasanya menampakkan diri. Meski tampak seperti serangga biasa, jangan salah, kehadiran kecoak bisa menjadi sumber permasalahan kesehatan keluarga.

Mulai dari diare sampai alergi, berikut lima alasan rumah harus bebas dari kecoak seperti mengutip The Health Site, Senin (8/5/2017).

1. Mengontaminasi makanan

Kecoak bisa makan apa saja. Mulai dari makanan yang ada di meja makan kita, tumbuhan, daging, sampai feses. Jadi, ketika dia hinggap ke makanan yang kita konsumsi, bisa saja kecoak mencemari makanan tersebut.

2. Menyebarkan bakteri penyebab penyakit

Saat sedang makan, kecoak mengeluarkan air liur dan cairan dari saluran pencernaan. Sebuah studi mengungkapkan, cairan dari saluran pencernaan tersebut mengandung bakteri Pseudomonas aeruginosa yang menyebabkan masalah pada infeksi saluran kencing dan saluran pencernaan. Alhasil, bila kita ikut mengonsumsi makanan yang sudah dihinggapi kecoak, bukan tak mungkin jadi sakit.

3. Kecoak bisa menggigit

Ada beberapa spesies kecoak yang bisa menggigit manusia. Kasus ini memang langka, tapi perlu berhati-hati juga.

4. Kecoak bisa masuk ke tubuh

Kecoak tidak hanya menyerang makanan, tapi juga masuk ke tubuh. Ada beberapa kasus yang mengungkapkan kecoak masuk ke telinga dan hidung saat tidur. (Baca: Mengerikan, Kecoak Hidup Bersarang di Kepala Perempuan Ini)

5. Picu alergi

Pada sebagian orang, air liur kecoak bisa memicu alergi ataupun hal tidak menyenangkan lainnya. Seperti kulit kemerahan, bersin-bersin, dan mata berair. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.