Sukses

Hindari Melakukan 5 Kesalahan Ini pada Bayi

Baru memiliki bayi membuat beberapa orangtua tanpa sadar melakukan kesalahan yang bisa ganggu kesehatan buah hatinya.

Liputan6.com, Jakarta Saat baru memiliki bayi, tanpa sadar orangtua melakukan beberapa kesalahan yang bisa mengganggu kesehatan bayi.

Mengingat daya tahan tubuh bayi baru masih sangat-sangat rapuh, pastikan orangtua menghindari beberapa kesalahan seperti di bawah ini, mengutip Vidio.com, Senin (8/5/2017)

1. Membedong bayi

Banyak orangtua baru yang membedong bayinya. Biasanya ajaran lama ini dilakukan untuk memastikan bayi hangat.

Sayangnya, membedong bayi saat tidur membatasi gerakannya, dan bisa menyebabkan permasalahan persendian di kemudian hari.

2. Membiarkan orang lain mencium bayi

Bayi memang menggemaskan, wajar jika orang-orang lain yang melihatnya jadi ingin mencium mereka.

Namun, tindakan ini bisa berbahaya untuk bayi. Saat dicium oleh orang lain, bayi bisa terpapar virus akibat kontak fisik tersebut. Jadi, pastikan bayi hanya dicium oleh keluarga dekat yang sudah pasti sedang sehat.

3. Selalu menenangkan tangisan bayi

Bayi menggunakan tangis sebagai sarana komunikasi. Saat ia menangis, jangan langsung ditenangkan. Karena hal ini bisa mencegah orangtua mengenali tangis bayi.

Mengenali tangisan bayi akan membantu orangtua menyadari ada yang salah dengan bayinya saat suara tangisan terdengar berbeda.

4. Salah arah cebok

Saat menceboki bayi, terutama bayi perempuan, pastikan arahnya benar. Selalu bersihkan daerah kelamin bayi dari depan ke belakang. Jangan sapukan tangan dari anus ke kelamin.

Salah arah saat menceboki bayi bisa membuat bakteri dari anus masuk ke alat kelamin bayi, Hal ini bisa mengakibatkan infeksi pada vagina bayi.

5. Tidak pernah menggosok gigi bayi

Bayi baru biasanya memang belum tumbuh gigi, atau mereka belum lagi mengonsumsi makanan padat yang mengharuskan mereka mengunyah. Tapi bukan berarti orangtua lantas tidak membersihkan mulut bayi.

Gunakan sikat gigi khusus bayi untuk membersihkan gigi dan lidah bayi. Hal ini bisa mencegah infeksi pada gusi serta gangguan gigi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini