Sukses

Waspada, Pakaian pun Bisa Membahayakan Kesehatan

Simak jenis pakaian serta sepatu yang berpotensi membahayakan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak ingin tampil menawan dengan fashion kekinian? Siapa pun orangnya--wanita atau pria--tentu ingin selalu terlihat gaya mengenakan pakaian dan aksesori sesuai tren. Harus diakui bahwa terkadang demi tampil fashionable, seseorang rela menahan sakit atau kondisi tak nyaman.

Namun, tahukah Anda bahwa hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan? Simak jenis pakaian serta sepatu yang berpotensi membahayakan kesehatan, melansir laman Times of India, Senin (8/5/2017).

1. Rok ketat

Kondisi tak nyaman juga bisa dipicu oleh rok yang terlalu ketat. Rok berpotongan pas di tubuh memang membuat penampilan lebih gaya dan menarik. Akan tetapi, rok semacam ini bisa mengganggu pernapasan, hampir serupa dengan yang disebabkan oleh bra yang terlalu ketat.

2. Bra yang tak sesuai ukuran

Mengenakan bra yang salah bisa berdampak serius pada kesehatan. Ukuran bra yang terlalu ketat atau sempit bisa merusak saraf, menyebabkan masalah postur, nyeri di sekitar leher, pundak, punggung, serta payudara kendur. Bahkan bra yang terlalu ketat bisa menyebabkan masalah pernapasan serta menurunkan rasa percaya diri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jeans ketat

3. Jeans ketat

Saking ketatnya terkadang kita harus berjuang untuk mengenakan celana jeans. Bahkan tak urung kita perlu mengempiskan perut agar celana jeans bisa dikancingkan. Bahan jeans yang begitu ketat bisa menyebabkan kaki mati rasa atau kesemutan.

Sementara bagian pinggang yang juga tak kalah ketat bisa menyebabkan Anda mengalami asam refluks. Bahkan pada situasi yang lebih ekstrem, Anda bisa mengalami sindrom kompartemen, tekanan berlebihan karena jaringan tubuh membengkak.

4. Bahan pakaian mengandung zat berbahaya

Greenpeace melaporkan bahwa beberapa bahan yang digunakan oleh merek-merek dagang internasional melalui pewarnaan dan diproses dengan cara tertentu sehingga berdampak pada hormon tubuh.

Salah satu cara terbaik mencegahnya, yaitu dengan menggunakan produk yang Anda ketahui persis proses produksi serta jenis bahan yang mereka gunakan.

5. Thong

Penampilan seksi yang didapat dari menggunakan thong tak sebanding dengan risiko di baliknya. Thong bisa mengancam kesehatan vagina.

Pakaian dalam wanita model ini terbukti bisa menyebabkan infeksi saluran kencing serta memperlambat pemulihan infeksinya. Bahkan individu berkulit sensitif yang sering menggunakan thong berisiko mengalami ambeien. 

3 dari 3 halaman

Pakaian pembentuk tubuh

6. Pakaian dalam pembentuk tubuh

Pakaian dalam yang disebut-sebut bisa membentuk tubuh jadi lebih indah dalam sekejap juga berisiko membahayakan kesehatan. Ketika Anda mengenakan pakaian pembentuk tubuh ini, organ-organ di dalamnya mengalami tekanan sehingga berdampak bagi kesehatan.

Bila rutin menggunakannya, Anda mungkin saja mengalami asam refluks, heartburn, dan paling ekstrem mengalami kerusakan saraf.

7. High heeels dan sepatu berujung runcing

Sepatu bertumit tinggi memang membuat Anda tampak langsing dan jenjang. Tapi sepatu jenis ini mempengaruhi kesehatan punggung, tulang punggung, serta lutut.

Sementara sepatu berujung runcing (pointy shoes) memberi tekanan pada ujung-ujung jari, menyebabkannya bengkak hingga kondisi neuroma. Ini akibat saraf-saraf di ujung jari kaki mengalami tekanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.