Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

2 Hal Ini Sebabkan Penis Gatal

Pada beberapa pria, gatal bisa muncul di batang dan ujung penis.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit gatal dan ruam kulit tak hanya menimpa bagian tubuh seperti tangan atau kaki saja. Pada beberapa pria, gatal bisa muncul di batang dan ujung penis.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh jamur. Bila kulit di sekitar penis yang gatal tampak lesi kemerahan dan bersisik, kemungkinan besar jamur dermatofita atau candida penyebabnya.

"Jamur dermatofita E.Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes menyebabkan tinea kruris. Biasanya mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam. Dapat terjadi di kedua paha atau salah satu paha saja," jelas dr Alvin Nursalim, seperti dikutip dari laman Klik Dokter, Minggu (7/5/2017).

Keluhan ini menimbulkan rasa gatal yang sangat, terutama jika kondisi kulit berkeringat. Tanda infeksi jamur ini bisa dilihat dari lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang berupa bintil atau lenting kemerahan, kadang terlihat lenting berisi nanah. Bagian tengah yang menyembuh akan berwarna cokelat kehitaman dan bersisik.

Sementara jamur candida biasanya mengenai daerah lipatan kulit, seperti ketiak, bawah payudara, bagian pusat, lipatan bokong, selangkangan, dan sela antarjari.

Gangguan jamur ini juga bisa timbul di belakang telinga, lipatan perut, serta glans penis. Selain menimbulkan rasa gatal yang hebat, infeksi jamur ini terkadang disertai rasa panas seperti terbakar dan basah.

Dr Alvin mengingatkan untuk menemui dokter umum atau spesialis kulit untuk memastikan diagnosis. Dengan begitu akan mudah pula menentukan pengobatan yang tepat untuk mengatasi gatal penis. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini