Sukses

Pilihan Warna Ini Akan Membuat Anda Lebih Sehat di Rumah

Para psikolog percaya bahwa warna yang Anda gunakan untuk menghiasi rumah dapat memiliki efek mendalam pada kesehatan dan emosi

Liputan6.com, Jakarta Dekorasi rumah sering dipandang hanya soal estetika. Tapi para psikolog percaya bahwa warna yang Anda gunakan untuk menghiasi rumah dapat memiliki efek mendalam pada kesehatan dan kesejahteraan emosional Anda dan keluarga.

"Warna adalah bahasa universal dan nonverbal, dan apa yang terlukis di dinding bukan masalah estetika semata melainkan mempengaruhi emosi dan perilaku seseorang di dalamnya," kata seorang konsultan warna di Old Greenwich, Conn, Leslie Harrington.

Jadi jika Anda ingin menciptakan rumah yang sehat secara emosional, maka Anda perlu mempertimbangkan fungsi utama setiap ruangan. Selanjutnya, pilih warna yang dominan.

Meski tidak dapat dibuktikan secara ilmiah, Harrington mengatakan beberapa warna dapat mendorong aktivitas tertentu.

Berikut deskripsi ruangan demi ruangan yang diyakini bisa menciptakan suasana hati baik, melansir WebMD, Sabtu (6/5/2017):

- Warna ruang tamu dan foyer (ruang yang berada diantara ruang luar atau teras maupun taman depan dan ruang dalam atau tamu)

Berikan warna hangat seperti merah, kuning, oranye, atau warna bumi seperti coklat dan krem. "Warna ini akan mendorong orang untuk duduk-duduk dan nyaman berbicara. Anda juga akan merasakan kehangatan dan kedekatan hubungan dengan orang lain," kata Kate Smith, seorang konsultan warna di Lorton, Virginia.

- Warna cat dapur

"Pilihan biru dan putih merupakan warna terbaik untuk dapur di rumah karena bisa mengingatkan kenangan yang menyenangkan," kata Smith.

Selain itu, Anda juga bisa memilih warna merah dan kuning. Tapi hati-hati jika Anda memperhatikan berat badan Anda, sebab nuansa merah di dapur rumah mungkin akan membuat Anda makan lebih banyak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kamar tidur

- Kamar tidur

Kamar tidur adalah tempat untuk bersantai dan berhubungan kembali dengan pasangan Anda. Warna yang sejuk seperti biru, hijau dan lavender bisa menjadi pilihan bagus di sini, karena mereka dianggap memiliki efek menenangkan.

"Bila warna merah cenderung dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung serta merangsang aktivitas, maka biru sebaliknya, karena itulah kami menganggapnya menenangkan," ujar Harrington.

- Kamar mandi

Warna putih dan hangat selalu menjadi pilihan populer untuk kamar mandi, sebagian besar karena makna kebersihan dan kemurnian. Tapi saat ini kamar mandi juga digunakan untuk relaksasi. Selain putih, kata Harrington, Anda bisa mengguunakan nuansa hijau turquoises dan biru karena warna ini memberi kesan bersih, segar dan tenang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini