Sukses

Akibat Kecelakaan Motor, Bocah 8 Tahun Alami Hernia Langka

Seorang anak laki-laki (8) menderita hernia langka setelah mengalami kecelakaan lalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak laki-laki (8) menderita hernia langka setelah mengalami kecelakaan lalu lintas. Dia mengalami luka serius pada perut karena tertusuk stang motor saat sedang menyeberang sebuah jalan di Kamerun.

Menurut dokter yang merawat anak tersebut di Ibal sub-Divisional Hospital, Oku, Dr. Valirie Ndip Agbor, hernia memang paling sering terjadi di perut, misalnya saat usus menerobos area yang lemah di dinding perut. Namun dalam kondisi ini, otot perut dan jaringan fasia rusak sehingga ususnya masuk meskipun kulitnya tidak rusak.

"Anak ini mengalami pembengkakan perut setelah mengalami trauma yang tak biasa," kata Ndip, seperti dimuat Foxnews, Sabtu (6/5/2017).

Ndip mengatakan, hernia ini dapat berujung komplikasi atau bahkan berakibat fatal. Maka itu perlu penanganan yang tepat untuk mengatasi kondisinya.

Para dokter menemukan dia memiliki luka yang dalam di kulit kepalanya dan sisi kiri perutnya, menurut laporan kasus tersebut, yang dipublikasikan secara online pada 31 Maret di Journal of Medical Case Reports .

Untuk mengobati luka tersebut, para dokter menjadwalkan operasi pembedahan hernia, yang dikenal sebagai herniorrhaphy, keesokan harinya.

"Operasi itu berhasil, dan anak itu dikirim pulang pada hari kesembilan setelah dioperasi tanpa komplikasi," kata Ndip Agbor.

Laporan tersebut merupakan peringatan penting bahwa hernia dapat terjadi pada kecelakaan sepeda atau kendaraan bermotor, kata Dr. Michael Grosso, seorang dokter anak dan petugas medis utama di Huntington Hospital di Huntington, New York.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.