Sukses

Penyebab Vagina Lebih Lembap Selama Hamil

Para ibu tentu menyadari vagina mereka menjadi lebih lembap selama kehamilan, berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Wanita yang sedang hamil tentu merasakan celana dalam menjadi sering basah karena vagina jadi lebih lembap. Ini akibat keputihan yang lebih banyak. Apa sebabnya?

Menurut laman Parents, ibu hamil mengalami peningkatan jumlah keputihan karena peningkatan produksi estrogen dan progesteron. Ini terjadi pada awal kehamilan Anda. Itu sebabnya saat trimester pertama terasa banyak keputihan.

Selain itu, menurut The Bump, lebih banyak aliran darah ke organ reproduksi dan vagina ibu hamil juga bisa membuat keputihan semakin banyak. Menurut catatan di situs What To Expect yang dikutip Romper, tidak ada wanita yang merasa nyaman dengan situasi itu. Pakaian dalam yang basah dengan alasan apa pun biasanya terasa kotor.

Bahkan, sejumlah wanita hamil harus sering mengganti celana dalam selama kehamilan. Meningkatnya kelembapan selama hamil sebenarnya normal dan bukan pertanda ada yang tidak beres.

Situs Parent menuliskan, apabila ibu hamil khawatir cairan yang menempel di celana dalam itu akibat air ketuban yang bocor atau cairan berbau mengerikan, sebaiknya segera mendiskusikannya dengan dokter kandungan. Karena, hal tersebut bisa menjadi tanda ada sesuatu yang tak biasa terjadi.

Yang harus dicatat, apabila ibu hamil merasa vaginanya lebih lembap, segera ke kamar mandi untuk memastikan semua baik-baik saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini