Sukses

Konsultasi Tulang: Bahu dan Punggung Selalu Pegal di Malam Hari

Ada baiknya memeriksakan diri ke dokter, untuk mengetahui skoliosis atau tidak. Anda harus melakukan rontgen.

 Pertanyaan : 

Liputan6.com, Jakarta Siang, Dok. Saya Insan, 24 tahun.

Dok, saya selalu mengalami pegal pada bagian bahu dan punggung, terutama pada bagian kiri. Rasanya sakit sekali jika tidak dipijat-pijat sendiri. Dan, selalu bunyi saat direnggangkan atau digerakkan. Itu selalu terjadi setiap malam hari.

Kira-kira, masalah seperti itu kenapa ya, Dok? Saya harus bagaimana?

Terimakasih.

Insan, dyfans***@gmail.com

Jawaban :

Hai Insan,

Saran saya sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter ortopedi terlebih dahulu, karena memerlukan foto rontgen bahu dan tulang belakang.

Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah ada kelainan tulang, contoh skoliosis. Sebab, skoliosis bisa memberikan pegal pada bagian punggung terutama punggung bagian kiri.

Apabila tidak ditemukan kelainan pada foto rontgen, akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar bisa ditentukan diagnosis selanjutnya.

Ingat kesehatan itu penting. Jadi, rajin berolahraga juga, ya.

Dr Andjar Bhawono SpOT dari Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan

Para pembaca setia Health Liputan6.com dapat bertanya seputar masalah tulang dan ortopedi dengan cara mengirimkan surat elektronik dengan subjek KOLOM dr. Andjar Bhawono SpOT ke health.liputan6@gmail.com . Jawaban akan ditayangkan setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

Dan, semua penjelasan terkait #KonsultasiTulang bisa Anda baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini