Sukses

[Tanya BPJS Kesehatan] Kenapa Kecelakaan Tak Ditanggung BPJS?

Kenapa korban kecelakaan tidak bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan ?

Liputan6.com, Jakarta Tanya:

Kenapa korban kecelakaan tidak bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan dengan alasan sudah wewenang Jasa Raharja dan agar tidak terjadi dobel pertanggungan?

Padahal, baik jasa raharja maupun BPJS Kesehatan sama sama membayar, lalu kenapa kalau memang dapat dua pertanggungan?

Pengirim

cahyaXXX@gmail.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jawab

Jawab:

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Jasa Raharja berperan sebagai penjamin pertama dalam hal peserta JKN-KIS mengalami kecelakaan lalu lintas. Apabila biaya perawatan melebihi biaya yang ditanggung oleh Jasa Raharja, maka selebihnya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Ilustrasinya, jika ada seorang peserta JKN-KIS yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan dirawat di rumah sakit menghabiskan biaya Rp 30 juta, maka ia akan ditanggung sebesar Rp 10 juta oleh Jasa Raharja selaku penjamin pertama. Sisanya sebanyak Rp 20 juta selanjutnya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan selaku penjamin kedua.

Hormat kami,

Departemen Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Grup Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Kantor Pusat.

Program Tanya BPJS Kesehatan akan tayang setiap Rabu dan Jumat. Bagi Anda yang ingin bertanya mengenai BPJS Kesehatan, silakan kirim email pertanyaan Anda ke redaksi health.liputan6@gmail.com. Terima Kasih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini