Sukses

Foxglove, Bunga Beracun Tapi Bisa Jadi Obat Penyakit Jantung

Foxglove, adalah tanaman berwarna ungu mirip lonceng yang meski beracun tapi sudah sejak dulu dijadikan obat penyakit jantung.

Liputan6.com, Jakarta Bunga yang kerap dijadikan obat rumahan biasanya adalah: bunga chamomile untuk meringankan masalah sulit tidur, bunga mawar yang dapat membuat kita lebih rileks, dan beberapa jenis bunga yang dapat menurunkan berat badan.

Namun, pernahkah Anda mendengar nama bunga Foxglove, yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jantung?

Liliana Bellini dari Nelsons Homepathic Pharmacy di London, yang menerapkan ilmu Dr Edward Bach, penemu terapi bunga Bach, di dalam praktiknya, mengatakan, bunga Foxglove sudah sejak abad ke-17 digunakan oleh para tentara perang dan keluarganya untuk mengobati penyakit kardiovaskular.

Sampai sekarang pun, kata dia, ada beberapa jenis obat kimia yang memiliki kandungan bahan hasil ekstraksi dari bunga Foxglove. Obat kimia ini digunakan untuk pasien-pasien yang bermasalah dengan jantung, termasuk gagal jantung.

Dikutip dari situs Net Doctor, Kamis (4/5/2017) Foxglove, bunga berbentuk lonceng, merupakan salah satu tanaman pertama yang digunakan untuk pengembangan obat-obat farmasi. Meskipun bunga ini sendiri termasuk tanaman yang beracun.

Selain mengatasi masalah jantung, bunga ini pun digunakan untuk menghentikan penyebaran sel kanker.

Menurut pemimpin penelitian dari Institute for Cell Engineering di John Hopkins University, Dr Gregg Semenza, bunga Foxglove memiliki satu bahan kimia yang bertugas memblokir produksi protein HIF-1, protein pengontrol gen yang memungkinkan sel-sel kanker bertahan hidup di lingkungan yang rendah oksigen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini