Sukses

Siapa Sangka 5 Bunga Ini Punya Manfaat Kesehatan

Beberapa jenis bunga kerap digunakan dalam pengobatan tradisional China. Apa sajakah bunga-bunga itu?

Liputan6.com, Jakarta Bunga tak hanya terlihat cantik dan harum, tapi juga bisa menyembuhkan penyakit.

Dalam pengobatan tradisional China (TCM), mengonsumsi bunga sebagai teh dipercaya bisa melancarkan peredaran darah dan energi vital (qi) organ tubuh.

Pakar TCM, Chan Wei Loo pun mengenalkan lima bunga yang baik untuk kesehatan, seperti dilansir Tng.sg, Kamis (4/5/2017):

1. Mawar

Pernah bertanya-tanya mengapa mawar sering digunakan sebagai bahan alami dalam produk perawatan kulit?

Menurut Chan, itu karena bunga ini memiliki kandungan vitamin C tinggi yang membuat kulit bercahaya. Selain itu, bunga ini juga memiliki efek menenangkan sehingga menjadi pilihan populer di kalangan wanita untuk menghilangkan stres.

Di TCM, mawar memiliki sifat yang sedikit hangat, ini berarti mereka bekerja pada sistem hati dan memperbaiki sirkulasi darah.

2. Peony

Dalam mitologi Yunani, peoni terkenal mampu memperbaiki sirkulasi darah. Bunga ini juga diyakini bisa membantu meringankan rasa sakit.

Namun wanita hamil tidak disarankan minum teh peony.

3. Krisan

Di TCM, bunga krisan memiliki sifat pendinginan yang dapat melawan infeksi dan virus, mengatasi gangguan organ akibat kurang tidur dan membersihkan racun dalam tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lavender

4. Lavender

Bunga ungu ini sangat terkenal karena kemampuannya meredakan kecemasan dan mengurangi stres.

Tak heran, bunga ini kerap digunakan untuk mengurangi sakit kepala, kelelahan dan ketegangan, serta mengatur tidur. Bila dikonsumsi, bunga ini juga membuat kulit bercahaya dan sangat baik untuk penderita tekanan darah rendah.

Karena rasa lavender mungkin terlalu kuat untuk beberapa orang, Chan menyarankan agar menambahkan mint agar lebih enak.

5. Bunga Osmanthus

Bunga yang beraroma manis ini memiliki sifat menghangatkan dan memberi nutrisi pada paru-paru.

Di TCM, ketika paru-paru diberi makan, itu berarti lebih banyak oksigen yang beredar di sekitar tubuh. Hal ini membantu memperbaiki napas Anda, kata Chan.

Osmanthus juga membantu seseorang dalam melakukan detoksifikasi dan direkomendasikan untuk mereka yang merasa kedinginan atau mudah pusing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.