Sukses

Psikologis Pasien Membaik Bila di Kamarnya Ada Bunga

Bunga memang tidak bisa mengganti posisi obat dalam menyembuhkan penyakit, tapi membantu memperbaiki psikologi pasien.

Liputan6.com, Jakarta Meletakkan bunga di dalam kamar tidur rumah sakit dapat mempercepat proses penyembuhan seorang pasien. Tanaman apa pun jenisnya memang tidak bisa mengganti posisi obat dalam menyembuhkan suatu penyakit. Namun, psikologi pasien jauh lebih baik setelah melihat bunga-bunga yang indah.

Sally Agustin, psikolog terapan lingkungan dan Kepala di Design With Science, London, pernah meneliti dampak bunga terhadap pasien pada 2008.

Setelah menempatkan beberapa jenis bunga ke dalam pot, dan diletakkan di sejumlah kamar tidur di satu rumah sakit, ditemukan pasien yang kamar tidurnya kebagian bunga-bunga dengan warna cerah memerlukan pengobatan nyeri yang lebih sedikit setelah operasi. Mereka pun memiliki tekanan darah sistolik dan denyut nadi yang rendah, rasa cemas dan lelah pun berkurang.

"Umumnya, berada dalam keadaan psikologis yang lebih positif daripada pasien yang berada di ruangan tanpa bunga," kata Sally dikutip dari situs Huffington Post, Kamis (4/5/2017).

Begitu juga ketika Anda meletakkan seikat bunga yang indah di tengah meja makan Anda. Para periset dari Wageningen University di Belanda menemukan bahwa orang-orang yang makan di atas meja yang ada bunganya, suasana hati mereka jauh lebih baik.

"Mencium aroma bunga juga sepertinya membuat suasana hati lebih baik dan membuat kita merasa tidak cemas," ia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini