Sukses

Makan 4 Bunga Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan

Bunga mengandung nutrisi dan senyawa alami yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Bunga memang indah, tapi biasanya hanya dijadikan penghias atau pewangi ruangan. Bunga tidak dimakan, apalagi dianggap bermanfaat untuk tubuh.

Padahal, di balik keindahan helaian bunga, ada manfaat sehat yang tersimpan. Bangsa Tiongkok sudah mengekstraksi makanan dari bunga selama berabad-abad.

Para peneliti kemudian juga melakukan studi untuk melihat manfaat sehat dari bunga. Dilansir dari Daily Star, Kamis (4/5/2017), salah satu peneliti, Lina Xiong, mengatakan, "Beberapa bunga mengandung senyawa alami yang dikenal sebagai phenolics." 

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Science ini menemukan, phenolics bisa menurunkan risiko sakit jantung dan beberapa jenis kanker, serta memiliki sifat anti-inflamasi.

Ahli herbal Dr Joseph Mercola menambahkan, "Bunga adalah tanaman makanan alami. Seperti tanaman makanan lain yang ada di alam, mereka mengandung nutrisi yang berharga bagi kesehatan."

Belum lagi, bunga-bunga juga kaya akan sumber vitamin, termasuk asam folat, niacin, riboflavin, pyroxidine, dan vitamin E dan C.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bunga Apa yang Harus Dimakan?

Setiap bunga memiliki vitamin, mineral, dan senyawa alami yang berbeda. Artinya, manfaat kesehatan dari masing-masing bunga tidaklah sama.

Bangsa Tiongkok kuno menjadikan bunga sebagai bagian penting dalam pengobatan alami mereka. Hal ini kemudian dilakukan juga oleh The US Department of Agriculture Nutrient Database yang memasukkan beberapa bunga dalam daftar mereka.

Makan bunga juga tidak boleh sembarangan. Beberapa bunga disemprot dengan pestisida, yang jika termakan bisa berbahaya. Pastikan Anda memilih bunga yang di labelnya dilengkapi keterangan bisa dimakan, dan cuci sampai bersih sebelum mengonsumsinya.

Dilansir dari SpoonUniversity, berikut beberapa bunga dan manfaat sehatnya.

1. Mawar

Favorit banyak wanita, mawar ternyata memiliki manfaat yang bisa menyelesaikan permasalahan kewanitaan, seperti mengatasi menstruasi yang tidak teratur.

Selain itu, mawar bisa menyembuhkan masalah pencernaan, mengurangi sakit, mual, kelelahan, biang keringat, dan sifat antibakterinya bisa mengobati jerawat.

Variasi mawar yang sangat beragam membuat rasanya sulit ditentukan. Masing-masing rasa mawar berbeda tergantung di mana atau bagaimana dia tumbuh. Namun kebanyakan mawar rasanya manis. Semakin gelap warnanya, semakin kuat rasanya.

2. Pansy

Pansy memiliki rasa manis yang membumi, sangat nikmat jika ditambahkan ke dalam salad. Bunga berwarna biru keunguan ini memiliki kandungan antibakteri sehingga bisa mengurangi masalah kesehatan.

Arthritis, masalah kulit, masalah kulit kepala, epilepsi, asma, dan tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang bisa dikurangi dengan makan bunga pansy.

 

3 dari 3 halaman

3. Krisan

Bunga krisan paling sering dikonsumsi dalam bentuk teh. Bunga ini memiliki rasa yang tajam dan sedikit pahit.

Bunga krisan bisa membantu mengurangi gejala yang berhubungan dengan flu: demam, sakit tenggorokan, mata kering dan gatal, serta hidung tersumbat.

Bunga ini juga bisa melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, dan membantu mengatasi penyakit jantung koroner.

4. Impatiens (bunga pacar air)

Impatiens memiliki rasa yang sangat manis. Bunga berwarna merah ini juga bisa membantu Anda mengurangi stres karena kandungannya memiliki efek yang menenangkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.