Sukses

Selain Begadang, Kebiasaan Buruk Ini Bikin Wajah Jerawatan

Melalaikan kebersihan dan diet buruk menjadi penyebab utama wajah rentan berjerawat. Selain itu empat kebiasaan berikut juga mempengaruhinya

Liputan6.com, Jakarta Melalaikan kebersihan wajah dan diet buruk bisa menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Termasuk tidur larut malam dan gaya hidup yang seperti berikut ini menyebabkan wajah sukar bebas dari jerawat.

Menurut sebuah studi yang dicetuskan oleh Sleep, kebiasaan tidur larut malam atau begadang meningkatkan 14 persen tumbuhnya jerawat.

Sonia Badreshia-Bansal, Dermatologis di Danville, menjelaskan, kurang tidur menyebabkan produksi glukokortikoid (hormon yang dapat menyebabkan kelainan struktur dan fungsi kulit) meningkat dan kondisi ini membuat jerawat semakin parah.

Mengutip WebMd, Selasa (2/5/2017) kebiasaan berikut ini sebabkan jerawat terus bermunculan.

1. Jarang membersihkan wajah

Wajah memiliki kelenjar minyak atau sebum yang banyak, sehingga penting untuk membersihkan, setidaknya dua kali sehari.

Carolyn Jacob, MD, dermatolog dari Chicago, mengatakan, sisa riasan wajah, keringat, kabut asap, dan kotoran dari udara yang menempel di wajah akan menyumbat pori-pori jika tidak dicuci secara teratur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Tidur dengan gawai

Gawai menjadi tempat bersarangnya kuman. Menurut beberapa penelitian, selama satu hari gawai bisa terpapar ribuan bakteri tak terlihat. Lantas, jika Anda tidur dengan posisi gawai tepat di ranjang tak menutup kemungkinan bakteri menempel di wajah dan jerawat pun bermunculan.

3. Produk perawatan rambut

Seperti gel rambut, kondisioner, hair spray, dan sampo berpotensi tinggi menyerap ke kulit dan menyebarkan bakteri dan menyumbat pori-pori. Untuk mencegahnya, bersihkan rambut dengan air hangat usai menggunakan produk perawatan rambut dan mengeringkannya dengan handuk bersih.

4. Konsumsi makanan manis

Makanan yang menyebabkan gula darah meningkat dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel yang menyumbat pori-pori.

Studi dari American Journal of Nutrition menyarankan untuk menambahkan asupan biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran untuk mengurangi jerawat. Hindari juga mengonsumsi makanan dengan gula tinggi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.