Sukses

Penyebab Jerawat Muncul Saat Sedang Stres

Munculnya jerawat di wajah saat Anda dilanda stres dikarenakan tubuh sedang melepaskan hormon kortisol

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah merasakan sendiri, wajah tampak lelah dan berjerawat ketika dilanda stres. Ini dikarenakan tubuh melepaskan hormon kortisol saat sedang stres atau cemas.

"Kortisol menyiapkan tubuh untuk respons fight atau flight," kata Ahli Bedah Plastik Wajah di New York, Dr. Yael Halaas. "Ini berarti tubuh Anda mengalami overdrive, yang menghasilkan lebih banyak glukosa dan penyempitan arteri," kata Yael menambahkan.

Menurut Yael, produksi kortisol inilah yang membuat wajah tampak lelah, kulit dehidrasi, mata berkantung, muncul garis-garis halus dan keriput, dan peradangan, yang pada akhirnya membuat jerawat muncul.

Dan ternyata bukan hanya stres emosional atau mental yang bisa menyebabkan masalah kulit, tapi tekanan fisik juga.

Pendiri dan Direktur Capital Laser & Skin Care sekaligus Asisten Profesor Klinis dari Departemen Dermatologi di George Washington University Medical Centre, mengatakan, tekanan fisik datang dalam berbagai bentuk.

Misalnya terlalu banyak paparan sinar matahari, produk yang mengeringkan, kondisi cuaca yang ekstrem, dan terlalu banyak pengelupasan kulit. Stres fisik pada tubuh bisa memberikan hasil buruk pada kulit.

"Stres juga bisa menjadi penyebab gatal-gatal dan jenis ruam kulit lainnya," katanya seperti dikutip dari situs Verily Mag, Selasa (2/5/2017)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini