Sukses

6 Cara Ampuh Gampang Lupakan sang Mantan

Ada beberapa cara yang terbukti ampuh secara psikologis untuk melupakan mantan

Liputan6.com, Jakarta Kehilangan seseorang yang dicintai yang kini menjadi mantan karena perbedaan prinsip atau tidak bisa dipersatukan memang menyakitkan. Rasa kecewa, marah, dan sedih berhari-hari bisa memengaruhi Anda secara emosional. Kondisi ini termasuk fase yang tidak mengenakkan bagi siapa saja.

Anda akan bahagia lagi dan kembali menemukan seseorang yang lebih baik. Ada beberapa cara yang terbukti ampuh secara psikologis untuk melupakan mantan, sesuai dikutip dari India, Sabtu (6/5/2017).

1. Kembali ke kenyataan

Dorong diri Anda dan kembali ke kenyataan. Anda harus bergerak maju. Psikolog Dr. Karen Weinstein dan Dr. Micheal Zentman menyarankan, renungkan hubungan yang sudah terjalin apa adanya.

Lawan hasrat untuk keluar dari sana. Pada umumnya, mengingat mantan saat masa indah berhubungan akan membuat semakin sulit menerima kenyataan, semuanya telah berakhir.

2. Baca buku kepribadian diri (self-help)

Buku soal kepribadian diri dapat memberikan dukungan bagi Anda yang putus cinta dan berpisah dengan mantan. Hal ini akan memotivasi diri Anda kembali menjalani hidup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengobrol dengan seseorang terdekat

3. Mengobrol dengan seseorang terdekat

Mengobrol soal perpisahan dengan pasangan dapat menenangkan jiwa. Carilah teman dan keluarga terdekat. Sampaikan perasaan tentang kehilangan.

4. Hindari perilaku negatif

Bila Anda termausk orang yang sangat mudah menyerah pada berbagai emosi dan tindakan negatif. Sebaiknya, cobalah tidak melakukan tindakan negatif, seperti makan berlebih, dan belanja besar-besaran.

Anda juga tidak dianjurkan melakukan perubahan radikal terhadap penampilan diri meski itu mungkin tampak seperti ide bagus setelah berpisah dengan pasangan.

3 dari 3 halaman

Tuliskan semua yang dirasakan

5. Tuliskan semua yang dirasakan

Menulis soal perasaan Anda setelah berpisah dengan mantan sangat membantu. Luangkan waktu untuk menulis semuanya. Hal ini akan membantu Anda sembuh dari bayang-bayang mantan.

6. Pelajari lebih dalam tentang diri sendiri

Perpisahan bisa menjadi kesempatan besar untuk belajar tentang diri sendiri dan merenungkan pilihan hidup. Introspeksi diri, apa yang salah dan cara memperbaikinya. Anda juga bisa meminta bantuan profesional hubungan untuk menemukan cara terbaik lupakan mantan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.