Sukses

Cara Lindung Diri Sendiri dari Tindak Kekerasan Seksual

Liputan6.com, Jakarta Organisasi anti-kekerasan seksual Rape, Abuse & Incest National Network mengungkapkan, setiap dua menit, selalu ada korban kekerasan seksual di Amerika. Bukan karena pakaian atau korban sedang sendiri, melainkan adanya kesempatan yang mendorong pelaku melakukannya.

Kita tentu tidak ingin tindak pelecehan maupun kekerasan seksual itu terjadi pada diri sendiri. Karena itu, penting untuk mengetahui cara agar tetap waspada, sehingga terhindar dari kekerasan seksual. Simak ulasannya, seperti dikutip dari situs Bustle, Selasa (2/5/2017).

1. Percaya pada insting Anda

Insting punya peran besar untuk mencegah dan menyelamatkan diri dari situasi yang tidak diinginkan. Wanita biasanya punya insting yang kuat di situasi tertentu.

Jika Anda merasa tidak nyaman ketika bersama orang yang mungkin dikenal atau tidak, usahakan untuk pergi secepatnya sambil menelepon orang terdekat. 

2. Lakukan persiapan

Pastikan untuk selalu membawa uang tunai dan ponsel dengan baterai yang penuh saat bepergian. Dengan kemajuan teknologi saat ini, sudah tersedia beberapa aplikasi seperti Personal Safety App, untuk menjaga keselamatan.

3. Usahakan orang terdekat tahu ke mana Anda pergi

Perlu sekali agar keluarga dan teman-teman tahu ke mana Anda akan pergi. Jika Anda pergi bersama teman, usahakan agar selalu bersamanya.

4. Selalu perhatikan sekitar

Saat Anda sedang berjalan sendirian, usahakan untuk memperhatikan keadaan sekitar. Jangan gunakan headset atau earphone. Usahakan agar terus berjalan serta pilih jalur ramai.

Akan lebih baik jika Anda siap siaga terhadap orang-orang yang mencurigakan, serta mengetahui deskripsi fisik dari orang tersebut.

5. Jangan ragu untuk meminta bantuan

Saat Anda merasa diikuti, masuklah ke dalam tempat yang ramai seperti restoran atau pusat perbelanjaan. Bila seseorang membuat Anda tidak nyaman dan Anda tidak bisa kabur, keraskan suara agar orang lain dapat membantu.

 

(Aida Tifani)

Artikel Selanjutnya
Studi: Nyaris 80 Persen Pria Korsel Menganiaya Kekasih
Artikel Selanjutnya
Lecehkan Anak 646 Kali, Ayah Malaysia Diancam Bui 12 Ribu Tahun