Sukses

3 Pelumas Tambahan untuk Vagina yang Kering

Vagina kering menyebabkan sulit sekali menghasilkan cairan pelumas saat berhubungan seks. Untuk itu, Anda perlu pelumas tambahan

Liputan6.com, Jakarta Berkurangnya lubrikasi yang membuat vagina jadi kering dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Bisa fisik maupun psikologis.

Dampaknya, vagina tidak menghasilkan sedikit pun cairan pelumas saat Anda berhubungan seks. Untuk mengatasi masalah itu, penggunaan cairan pelumas tambahan bisa menjadi solusinya.

Berikut jenis-jenis pelumas tambahan yang dapat Anda pilih, tergantung kebutuhannya;

Pelumas berbasis air

Pelumas berbasis air mudah ditemukan dengan harga yang bervariasi. Namun, karena banyak merek yang tersedia, tidak sedikit yang memiliki kemungkingan mengandung bahan kimia berbahaya.

Oleh karena itu, carilah merek pelumas yang mengandung bahan-bahan alami dan pastikan pelumas tersebut bebas paraben. Kandungan tersebut berbahaya untuk area genital Anda.

Pelumas berbasis silikon

Pelumas berbasis silikon membuat area genital tetap licin atau basah untuk waktu yang sangat lama. Pelumas berbasis silikon cenderung aman digunakan bersama kondom lateks, tetapi jangan digunakan bersamaan dengan sex toy berbahan silikon.

Perlu diketahui, pelumas jenis ini juga tidak cocok untuk seks oral.

Pelumas berbasis minyak

Pelumas berbasis minyak agak sulit dicuci setelah menempel pada vagina dan sering kali membuat wanita tidak nyaman. Selain itu, pelumas jenis ini dapat merusak kondom berbahan dasar lateks.

(dr. Muhammad Anwar Irzan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.