Sukses

Ternyata Garam Bisa Atasi Mata Sembap dan Redakan Sengatan Lebah

Berikut manfaat lain garam, mulai dari membantu menghaluskan kulit hingga meredakan sengatan lebah

Liputan6.com, Jakarta Konsumsi garam berlebih memang kerap dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi dan bisa berujung pada penyakit jantung. Kelebihan asupan garam juga mengganggu fungsi kognitif. Studi 2011 di Kanada menunjukkan, konsumsi garam berlebihan tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup dan teratur berpotensi menurunkan kemampuan kognitif individu.

Bila dikonsumsi dalam batas wajar, garam tak akan berbahaya bagi tubuh. Malah kekurangan garam juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Natrium atau garam diperlukan untuk membantu sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Berikut manfaat lain garam, mulai dari membantu menghaluskan kulit hingga meredakan sengatan lebah, mengutip laman Times of India, Minggu (30/4/2017):

1. Mengeksfoliasi kulit mati

Setelah mandi, gunakan garam biasa untuk mengeksfoliasi kulit mati di siku, lutut, atau bagian tubuh lainnya.

2. Mengatasi mata sembap

Ya, garam bisa membantu Anda mengurangi sembap di mata. Rendam kain dalam 1 cangkir air hangat yang telah dicampur 1/2 sendok teh garam. Gunakan sebagai kompres mata.

3. Memutihkan gigi

Mencampur satu takaran garam dan dua takaran baking soda bisa membantu memutihkan gigi. Campuran ini juga akan menjaga kesehatan gusi karena mampu menghilangkan plak.

4. Meredakan sengatan lebah

Ini merupakan metode kuno untuk meredakan sengatan lebah. Basahi bagian yang tersengat lalu oleskan garam.

5. Memeriksa kesegaran telur

Ini merupakan cara termudah mengecek apakah telur yang Anda beli dalam kondisi segar atau tidak. Letakkan telur di dalam segelas air yang telah dibubuhi dua sendok teh garam. Telur segar akan tenggelam ke dasar gelas, sementara yang sudah tak segar akan mengambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini