Sukses

7 Makanan Super yang Bantu Dongkrak Konsentrasi

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda sullit konsentrasi karena kurang tidur, kopi menjadi pilihan untuk diminum. Bagi sebagian orang, kopi membantu mengusir rasa kantuk dan membuat lebih terjaga. Namun, kopi ternyata tidak cukup mampu membuat otak lebih waspada dan konsentrasi penuh.

Otak menyerap 20 persen sumber energi tubuh. Untuk itu, diperlukan makanan super (superfood) yang mampu membuat otak lebih konsentrasi.

1. Blueberry

Studi menunjukkan, blueberry dapat meningkatkan memori dan konsentrasi selama 5 jam. Hal ini terjadi karena kandungan antioksidan di dalamnya yang merangsang aliran darah dan menjaga pikiran tetap segar.

2. Alpukat

Meski alpukat dinilai buruk karena tinggi lemak. Alpukat mampu merangsang sel otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak, ditulis Health Library, Senin (1/5/2017).

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau kaya dengan antioksidan dan karotenoid. Kedua zat tidak hanya mengaktifkan sel otak tapi juga membantu melindungi tubuh dari penyakit. Asam folat di dalamnya juga membantu menenangkan otak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salmon

4. Salmon

Salmon kaya omega-3, yang membangun kembali sel otak, memperkuat memori, dan memperlambat penurunan kognitif. Asam amino juga meningkatkan konsentrasi dan membantu meningkatkan mood.

5. Bit

Bit mungkin bukan favorit semua orang tapi bit sangat dibutuhkan untuk otak. Kandungan nitrat di dalamnya melebarkan pembuluh darah, merangsang peningkatan aliran darah, dan oksigen ke otak.

6. Telur

Telur mengandung kolin yang menjaga selaput sel agar tetap sehat.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya kandungan antioksidan dan vitamin E yang mencegah penurunan kognitif. Tak hanya kacang-kacangan, buah kering lainnya seperti kenari juga mengandung hal serupa. Vitamin E juga membantu melawan penyakit alzheimer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.