Sukses

Kombinasi Obat Cegah Anak Penderita Arthritis dari Kebutaan

Liputan6.com, Inggris Uji coba klinis yang didanai Arthritis Research UK dan National Institute for Health Research (NIHR), Inggris, menemukan kombinasi obat yang dapat membantu ribuan anak-anak yang menderita arthritis. Penelitian ini dipimpin para profesor dari Universitas Liverpool dan Bristol.

Arthritis merupakan penyakit peradangan pada persendian, yang disertai rasa sakit. Lebih dari lima ribu anak-anak dan remaja mengidap Juvenile Idiopathic Arthritis (JIA)--salah satu bentuk arthritis--cenderung mengalami uveitis (kondisi yang menyebabkan peradangan di lapisan tengah mata).

Temuan kombinasi obat ini mencegah komplikasi serius, termasuk kebutaan.Terapi obat ini telah disetujui untuk digunakan. Hasil temuan ini dipublikasikan di The New England Journal of Medicine pada 27 April 2017, menurut laporan News Medical Life Sciences, Sabtu (29/4/2017).

Peneliti menemukan, obat yang disebut Adalimumab yang dikombinasikan dengan obat Methotrexate, adalah terapi efektif pada anak-anak dan remaja yang mengidap uveitis terkait JIA.

Mayoritas (75 persen) anak-anak yang diobati dengan Adalimumab mengalami penurunan radang mata. Ada 15 ribu anak-anak dan remaja di Inggris dengan penyakit auto-imun JIA.

Sepertiga dari mereka cenderung mengidap uveitis, yang menyebabkan gangguan penglihatan yang lebih serius dan mendekati kebutaan.

"Kami sangat senang dengan hasil uji coba klinis ini. Temuan kombinasi obat dapat mengubah kualitas hidup bagi kebanyakan anak-anak yang menderita uveitis, yang berkaitan dengan JIA," kata Stephen Simpson, direktur penelitian dan program di Arthritis Research UK.

Artikel Selanjutnya
Sembuhkan Penyakit Paru-Paru dengan Daun Cocor Bebek
Artikel Selanjutnya
Inilah Kenapa Kebanyakan Pasien Kanker Jadi Sangat Kurus