Sukses

6 Manfaat Begadang yang Menyehatkan

Liputan6.com, Jakarta Orang-orang yang tidak bisa lepas dari kebiasaan begadang sadar, tidur dengan waktu yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Namun, di sisi lain mereka percaya, ide-ide kreatif muncul di larut malam. 

Kepercayaan tersebut tidak selamanya salah. Seperti yang dikatakan Dr. Sharad Paul, salah satu manfaat dari begadang yang bisa kita peroleh adalah lebih produktif dan kreatif. 

Namun perlu diingat, jika Anda tidur larut malam lalu bangun pagi-pagi sekali, hal ini bisa membatalkan manfaat sehat dari begadang. Manfaat ini baru bisa Anda dapatkan dengan tidur larut malam, lalu bangun di waktu yang lebih siang.

"Kemampuan untuk begadang dihubungkan dengan aktivitas adenosin di otak, dan ini adalah reseptor yang sama dengan yang ditargetkan kafein. Banyak studi telah menunjukkan, orang-orang dengan aktivitas adenosin yang berlebih secara alami lebih nyaman bekerja di malam hari (sambil begadang)," kata Sharad dikutip dari situs Bustle, Kamis (27/4/2017).

Buat Anda yang terbiasa bangun sampai pukul 2 dini hari, ketahui beberapa manfaat begadang yang bisa Anda dapatkan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Lebih cerdas

Orang yang sering begadang ada kemungkinan lebih cerdas. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan, anak-anak yang lebih cerdas biasanya jam tidurnya lebih malam. Mereka juga bangun siang baik di hari sekolah maupun akhir pekan.

Walaupun begadang tidak menjadikan Anda lebih pintar, namun jika jam tubuh Anda lebih produktif di malam hari, bisa jadi ini adalah penjelasan di baliknya.

2. Meningkatkan kekuatan

Memiliki kebiasaan begadang secara alami bahkan bisa memiliki manfaat bagi performa fisik Anda. Para peneliti dari University of Alberta menemukan, walau kekuatan orang-orang pagi hari itu konsisten sepanjang hari, para orang-orang malam menunjukkan puncak kekuatan mereka di malam hari.

Menurut Olle Lagerquist, Ph.D, salah satu penulis studi, hal ini bisa jadi karena adanya peningkatan motor cortex dan kekuatan tulang belakang di malam hari.

3 dari 4 halaman

3. Kemampuan memberikan solusi kreatif

Ada alasan kenapa banyak orang menikmati bekerja di malam hari: hal ini lebih memancing kreativitas mereka.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan, pada pekerja malam ini lebih mungkin memberikan ide-ide yang kreatif dibanding mereka yang orang-orang pagi.

4. Meningkatkan kewaspadaan

Anda mungkin berpikir, begadang akan membuat Anda kesulitan fokus, namun selama Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, hal ini justru akan meningkatkan kewaspadaan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Science menemukan, para pekerja malam secara umum bisa melampaui kemampuan para pekerja pagi dalam seberapa lama mereka bisa terjaga dan mentalnya waspada sebelum merasa lelah secara mental.

4 dari 4 halaman

5. Lebih mungkin mengambil risiko

Hal ini bisa jadi sesuatu yang positif sekaligus negatif. Para peneliti dari University of Chicago menemukan, para pekerja malam cenderung adalah mereka yang berani mengambil risiko.

Ketika berhubungan dengan judi, hal ini bukanlah sesuatu yang baik. Namun jika berbicara bisnis atau memulai usaha baru, menjadi pekerja malam yang berani mengambil risiko bisa jadi berguna.

6. Pagi yang lebih tenang

Bangun siang memiliki kenikmatan tersendiri. Walaupun beberapa studi menunjukkan para pekerja malam cenderung memiliki kadar kortisol yang lebih tinggi secara umum, kortisol mereka lebih rendah di pagi hari dibanding orang-orang yang memang hobi bangun pagi.

Artinya, di pagi hari para pekerja malam ini merasa lebih santai dan tenang dibanding orang-orang pagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini