Sukses

Aroma Jeruk, Cara Mudah dan Murah Atasi Stres

Aroma jeruk yang segar rupanya mampu mengurangi stres. Apa sebabnya?

Liputan6.com, Jakarta Pasti Anda pernah mengupas jeruk lalu mencium aromanya yang menyeruak. Aroma segar tersebut rupanya mampu mengurangi stres. Hal ini terbukti dalam studi yang dilakukan peneliti Amerika Serikat.

Studi yang dilakukan peneliti dari George Washington University ini menemukan fakta, minyak esensial jeruk ampuh mengurangi stres serta rasa takut atau cemas usai situasi menegangkan.

Terbukti, tikus-tikus yang dijadikan kelinci percobaan punya daya tahan tubuh yang lebih baik usai menghirup aroma jeruk.

"Minyak esensial jeruk menunjukkan efek signifikan terhadap respons perilaku tikus dalam penelitian kami. Ini sangat menjanjikan, karena menunjukkan menghirup aroma jeruk berpotensi mengurangi gejala serangan panik atau stres," kata salah satu peneliti, Cassandra Moshfegh seperti dikutip dari situs Medical Daily, Kamis (27/4/2017).

Lebih lanjut, Cassandra menyebutkan penggunaan minyak esensial aroma jeruk ini bisa mengurangi stres tapi dengan harga lebih murah serta tanpa efek samping. Berbeda dengan penggunaan obat-obatan.

Selain stres, aroma jeruk juga mampu mengurangi rasa cemas. Bagi mereka yang sedang mual juga bisa diatasi dengan menghirup aroma jeruk yang segar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini