Sukses

Tidak Makan Seharian Bikin Wanita Lemot dan Kulitnya Kusam

Liputan6.com, Jakarta Saking sibuk menyelesaikan pekerjaan rumah juga kantor, wanita sering kali tidak makan seharian. Padahal kebiasaan ini dapat menurunkan kondisi kesehatan dalam jangka pendek juga panjang.

Meski tidak makan dapat membantu mengurangi kalori, tapi Kimberli McCallum, MD, psikiater dari St. Louis mengatakan, kebiasaan buruk ini bisa menyakiti diri sendiri dan tidak sehat.

"Saat tubuh tidak mendapat asupan yang tepat, tubuh Anda akan memberontak dan mengalami penurunan fungsi secara keseluruhan," kata McCallum.

Dikutip dari laman Seventeen, Rabu (26/4/2017) tiga kondisi buruk ini paling sering mengintai wanita yang sering tidak makan di sela aktivitas padatnya.

1. Penurunan fungsi otak dan mudah stres

Melupakan makan bukan hanya menurunkan konsentrasi saja, tapi jika hal ini sudah menjadi kebiasaan sehari-hari maka Anda akan mengalami penurunan fungsi otak. Tak hanya itu, kebiasaan meninggalkan makan juga memicu respons stres jauh lebih tinggi.

"Anda mulai merasa gelisah dan cemas, juga mudah lupa," kata Dr. McCallum.

2. Nafsu makan semakin menurun

Saat Anda terbiasa melewatkan sarapan atau makan siang, maka tubuh akan terus beradaptasi seperti itu sehingga Anda tak lagi bisa merasakan signal lapar dan nafsu makan semakin menurun.

3. Kulit kusam dan kering

Kebiasaan tidak makan juga dapat mempengaruhi tampilan kulit. Kristin Kirkpatrick, RD, manager of wellness nutrition services dari Cleveland Clinic, mengatakan secara signifikan kebiasaan buruk ini mengakibatkan tampilan kulit nampak kusam dan kering.

"Semakin berkurangnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh, akan menyebabkan kulit juga rambut kurang bercahaya dan berseri," kata Krikpatrick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini