Sukses

Stres Memikirkan Uang Saat Hamil Bikin Bobot Bayi Rendah

Liputan6.com, Jakarta Saat hamil, para ibu diminta tetap rileks, tidak stres. Namun kenyataannya banyak wanita yang pusing memikirkan banyak hal. Nah, jika pemicu stres adalah faktor uang, menurut studi hal tersebut bisa berdampak pada berat badan bayi saat lahir.
 
Peneliti dari Ohio State University mendapati ibu hamil yang stres memikirkan penghasilan, cicilan rumah, pengeluaran rumah tangga, serta aneka masalah keuangan lainnya membuat berat badan bayi rendah saat lahir.
 
Kondisi tersebut membuat bayi lebih berisiko terkena masalah kesehatan seperti masalah pernapasan dan pencernaan. Tak cuma itu, saat beranjak besar anak yang lahir dengan berat rendah cenderung berisiko lebih tinggi alami diabetes dan penyakit jantung. 
 
Uniknya, hasil temuan ini terjadi pada ibu hamil dengan tingkat ekonomi apapun. Artinya, ibu yang stres dengan kondisi perekonomian, tetap berisiko tinggi melahirkan bayi dengan berat badan rendah seperti mengutip Glamour, Selasa(25/4/2017).
 
Menurut salah satu peneliti, Lisa Christian, hal ini terjadi karena stres mampu memengaruhi banyak hal. Stres bisa memicu perubahan makan, olahraga, tidur yang kemudian memengaruhi kerja jantung, neuroendokrin, dan fungsi imunitas tubuh.
 
Jika ibu hamil mengalami stres atau kepanikan dalam hal uang, ada baiknya untuk segera mencari pertolongan. Misalnya dengan bercerita pada orang yang dipercaya. Paling tidak bisa meluapkan perasaan dan membuat masalah yang ada menjadi lebih jelas.
 
"Oleh karena itu ibu hamil harus menjaga diri mereka, bukan hanya kesehatan fisik tapi juga jiwa mereka sendiri," pesan Christian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.