Sukses

Ketahui Manfaat 6 Herbal Ini untuk Kesehatan Paru-Paru

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah herbal ternyata memiliki manfaat baik untuk kesehatan paru-paru. Sebut saja thyme dan licorice. Keduanya memiliki manfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan paru-paru.

Berikut ulasannya lebih lanjut, seperti dilansir Step to Health, Selasa (25/4/2017): 

1. Thyme

Thyme adalah ramuan yang dianjurkan untuk mengurangi batuk atau sesak napas. Selain itu, minyak esensial thyme memiliki efek antibiotik, anti-jamur, dan anti-inflamasi yang tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, tetapi juga membantu membersihkan paru-paru.

2. Akar Licorice

Akar licorice merupakan ramuan obat tradisional Tiongkok yang populer di seluruh dunia. Senyawa anti-inflamasi dan penghilang rasa sakitnya mengurangi peradangan di saluran napas dan tenggorokan.

Pada saat bersamaan, herbal ini juga membantu melembutkan selaput lendir tubuh Anda, termasuk lapisan paru-paru dan tenggorokan. Selain itu, licorice juga bertindak sebagai ekspektoran dan anti-bakteri yang membantu menyingkirkan dahak berlebih.

3. Oregano

Oregano memiliki kandungan asam rosmarini yang tinggi dan carvacrol. Ini adalah dua antioksidan yang membantu menghentikan produksi histamin dalam kasus alergi pernapasan.

Oregano memiliki kualitas anti-inflamasi dan ekspektoran dan membantu membersihkan saluran napas dan kerap digunakan untuk mengatasi flu atau pilek.

4. Daun sage

Senyawa antibakteri dan detoksifikasi daun sage membantu menyingkirkan racun yang tersimpan di jaringan paru-paru. 

5. Eucalyptus

Aroma eucalyptus yang menyegarkan telah digunakan selama ratusan tahun sebagai obat batuk dan flu. Bahan aktif eucalyptus, cineol, memberikan efek ekspektoran dan anti-inflamasi, juga membantu mengobati bronkitis dan asma.

6. Daun mint

Mint mengandung mentol yang dapat melemaskan otot polos saluran pernapasan, sehingga mampu mengatasi gejala alergi dan baik untuk kesehatan paru-paru.

Artikel Selanjutnya
3 Alternatif Herbal Diuretik Selain Teh Hijau
Artikel Selanjutnya
VIDEO: Cegah Kanker dengan Minum Teh