Sukses

4 Alasan Memasak Sendiri Bikin Anda Merasa Lebih Bahagia

Liputan6.com, Jakarta Memasak sendiri memang selalu lebih sehat. Namun jika kita berbicara tentang tubuh bugar dan sehat, biasanya yang akan terlintas di otak adalah seseorang dengan tubuh ideal yang mampu melakukan gerakan-gerakan yoga yang luar biasa sulitnya. Belum lagi, bayangan ini akan disertai dengan menu-menu sehat (dan mahal) seperti quinoa, kale, atau smoothies warna-warni.

Padahal sebenarnya, seseorang yang memiliki tubuh bugar dan sehat tak selalu seideal itu. Sayangnya, gambaran ideal tadi bisa membuat kita merasa stres dan tidak menyukai diri dan tubuh sendiri.

Kesehatan, pada faktanya, tidak eksklusif hanya milik mereka yang memiliki tubuh ideal. Hal ini juga tidak dibatasi dengan ukuran baju atau celana, angka timbangan, atau bahkan seberapa banyak pengikut akun media sosial gaya hidup Anda.

Menurut Rochelle Bilow, dari CookingLight.com, banyak orang jadi melupakan arti kesehatan sesungguhnya, dan malah fokus ke hal-hal yang lebih tidak penting. Untuk mencegah hal ini, dan untuk membuat diri Anda merasa lebih baik, Bilow menyarankan untuk lebih sering memasak sendiri makanan Anda di rumah.

Melansir Health.com, Selasa (25/4/2017), berikut alasan kenapa memasak sendiri bisa membuat Anda merasa lebih baik:

1 dari 3 halaman

1. Makanan bisa jadi solusi

Makanan terkadang memang bisa jadi sumber masalah, tapi menurut Bilow, makanan juga bisa jadi solusi. Makanan yang kita masak sendiri memiliki kemampuan menyembuhkan yang besar.

Energi yang kita lepaskan saat memasak juga sangat berpengaruh. Energi positif membuat makanan terasa lebih enak. Ketika meluangkan waktu untuk memasak sesuatu yang baik untuk tubuh, kita seolah diingatkan, betapa hebatnya hal-hal yang bisa dilakukan tubuh. Hal ini akan membuat kita lebih tidak memusingkan seperti apa bentuk tubuh kita.

2. Berlaku seperti pada sahabat

Bagaimana Anda berbicara pada sahabat? Apakah Anda akan selalu mendukungnya, memberinya pujian, dan tak pernah mengatakan sesuatu yang akan menjatuhkan semangatnya?

Menurut Bilow hal yang sama seharusnya juga Anda lakukan pada diri sendiri. Jangan biarkan diri Anda menjadi pengkritik terbesar dan penghambat kebahagiaan Anda sendiri.

Jika sahabat Anda layak mendapatkan pujian, cinta, dan dukungan, begitu juga dengan Anda.

2 dari 3 halaman

3. Menjauhlah dari layar

Makan di depan layar adalah salah satu hal terburuk yang bisa kita lakukan untuk kesehatan. Sayangnya sangat banyak orang melakukan hal ini setiap hari.

Jika Anda meluangkan waktu untuk menyiapkan makanan yang sehat dan menempatkannya di meja makan--baik untuk dimakan sendiri atau bersama keluarga--hal ini akan membuat Anda bisa lebih menikmati proses makan.

Hal ini juga akan membuat Anda lebih tidak stres dan memusingkan menu yang Anda makan. Hal ini juga akan membuat Anda lebih fokus pada rasa makanan dan percakapan yang terjalin saat makan.

4. Memasak untuk orang lain

Bilow mengaku, ketika dia mulai merasa stres atau merasa tidak puas dengan tubuhnya, hal yang bisa langsung membuatnya kembali merasa lebih baik adalah dengan memasak untuk orang lain.

Kegiatan yang menempatkan kebutuhan orang lain di atas rasa tidak percaya diri akan mengirimkan pesan keras pada ego kita: Kita tidak akan bisa dibodohi, karena kita tahu apa yang benar-benar penting.

Hal ini bisa dalam bentuk apa saja, mulai dari menjadi sukarelawan di panti jompo, berbagi makanan untuk orang-orang yang membutuhkan, atau bahkan sesimpel membawa makanan buatan kita ke tempat kerja.

Menurut Bilow ini bisa menjadi senjata rahasia. Karena yang penting bukanlah bagaimana penampilan dan bentuk tubuh, tapi bagaimana kita memperlakukan orang lain.

Artikel Selanjutnya
5 Waktu Masturbasi Bisa Jadi Pereda Masalah
Artikel Selanjutnya
Hindari 3 Perasaan Ini agar Hidup Bahagia