Sukses

Dengarkan Lagu EDM dan Musik Klasik Bikin Otak Lebih Fokus

Mendengarkan dua jenis musik ini, elektronik dan klasik, saat bekerja dapat membantu otak jauh lebih fokus.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya mempengaruhi suasana hati, ternyata mendengarkan musik juga memberikan bantuan otak untuk lebih fokus berpikir. Selain itu musik juga dikaitkan dapat menyatukan suasana hati dengan kognitif dan sebaliknya.

Peneliti menggabungkan elemen ‘Einstein’s Genius’ atau musik klasik dengan musik elektronik atau yang dikenal dengan electronic dance music (EDM). Para ilmuwan lalu menemukan lagu-lagu elektronik juga memiliki kemampuan dalam menyusun saraf otak jadi lebih fokus dan membuat perasaan senang, seperti musik klasik.

Mengutip laman Askmen, Selasa (25/4/2017) Will Henshaw CEO/Founder dari focus@will sebuah perusahaan yang berkonsentrasi pada penelitian serta The Science Behind Focus and Concentration, menemukan adanya fokus pada otak yang bekerja jauh lebih baik saat mendengarkan musik.

"Genre mana yang dipilih untuk mendapatkan fokus yang lebih baik sebenarnya bergantung juga pada tipe otak Anda, tapi musik elektronik memiliki pengaruh yang lebih tinggi terhadap konsetrasi dan fokus seseorang saat mengerjakan pekerjaannya," kata Henshaw.

Bahkan belakangan ini aransemen musik klasik tengah digabungkan oleh musik elektronik. "Biola dan EDM menjadi dua hal yang paling populer belakangan ini untuk membantu Anda jauh lebih fokus," ujar Henshaw.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.